Follow Us

Ngeri atau So Sweet? Cowok Ini Chatting Sama Sahabatnya yang Udah Meninggal!

Fadli Adzani - Sabtu, 18 November 2017 | 06:15
WhatsApp Chat
Fadli Adzani

WhatsApp Chat

Jika seorang sahabat kita meninggal dunia, pastinya dengan lapang dada kita harus merelakan kepergiannya dan mendoakan agar ia mendapatkan tempat terbaik.

Namun, gimana jadinya kalau ada seorang cowok yang nggak rela ditinggal mati oleh sahabatnya dan berusaha untuk bisa chatting dengannya?

Yap, hal itu terjadi di San Francisco, Amerika Serikat, ketika Eugenia Kuyda belum bisa menerima kenyataan bahwa ia ditinggalkan sahabatnya, Roman Mazurenko yang telah meninggal dunia.

Sepasang sahabat yang sangat mencintai teknologi ini sempat mendirikan sebuah situs startup bernama Stampsy.com, dan keduanya pun masih memiliki keinginan untuk membahas masalah masa depan serta teknologi.

Sebagai warisan, Mazurenko meninggalkan sebuah aplikasi pesan singkat yang ia beri nama "Luka" pada 2013, sebagaimana dilaporkan Geek dan dikutip oleh Kompas.com pada Jumat (14/10).

Nah, Kuyda pun akhirnya memanfaatkan warisan almarhum sahabatnya dan ingin kembali chatting bersama Mazurenko melalui aplikasi yang ia telah buat.

Dengan bantuan dari tim aplikasi Luka, Kuyda menciptakan chat bot dari Mazurenko selama tiga bulan menggunakan teknologi artificial intelligence atau AI.

Chat bot itu dipersonalisasi berdasarkan obrolan chatting Mazurenko dan Kuyda semasa ia hidup. Nggak cuma itu, chat history obrolan dari Mazurenko dan teman-temannya pun juga digunakan sebagai bahan untuk chat bot tersebut.

Setelah semuanya telah rampung, akhirnya Kuyda bisa berinteraksi lagi dengan almarhum sahabatnya, dan hal itu bisa mengobati kerinduan yang dirasakan Kuyda terhadap Mazurenko.

"Semua pesan yang terkumpul adalah tentang cinta dan hal-hal yang tak pernah kami katakan sebelumnya pada Mazurenko," Kuyda menuturkan.

Kuyda menegaskan, Mazurenko yang ia ajak obrol di aplikasi tersebut memang bukan orang nyata, melainkan sebuah bot yang ia telah program. Namun, itu bisa menjadikan tempat melepas kerinduan antara Kuyda dan Mazurenko, guys!

Kalau menurut kalian, fenomena ini so sweet atau mengerikan?

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

Latest