Follow Us

Pendapat Pelajar Yang Milih Nggak Ikut Bimbel. Bikin Termotivasi Untuk Belajar Sendiri!

Rizki Ramadan - Selasa, 14 November 2017 | 04:30
Student Talks: Nggak Perlu Bimbel
Rizki Ramadan

Student Talks: Nggak Perlu Bimbel

HAI-online.com - Jaman sekarang banyak tempat bimbingan belajar atau yang sering disingkat bimbel. Paket pembelajaran yang ditawarkan pun beragam, ada paket UN, sampai paket jalur-jalur masuk perguruan tinggi. Harga yang ditawarkan juga variatif, dengan berbagai potongan-potongan harga spesial. Peminatnya pun nggaksedikit, apalagi di kalangan pelajar SMA. Mereka yang ngerasa kesulitan ngikutin pelajaran di sekolah, atau mereka yang punya impian masuk perguruan tinggi bergengsi.

Tapi di sisi lain, beberapa siswa masih sanggup dan lebih nyaman belajar sendiri, tanpa bimbel. Mereka masih percaya dengan kemampuan dirinya sendiri.Kalau kita percaya diri dan punya tekad untuk belajar, bimbel nggak akan jadi pilihan. Apalagi kalau sekedar biar lulus ujian. Sekolah lebih dari itu, bro!

Yuk langsung aja kita dengerin alasan mereka! Siapa tau mereka juga bagi-bagi tips belajar nih.

DAMIAN KRESNA N. – SMA Kolese De Britto

“Alasan saya nggak ikut bimbel karena menurut saya, sekolah adalah tempat saya menambah wawasan, ketika saya memilih untuk mengikuti bimbel, maka sekolah bukan lagi tempat menuntut ilmu, melainkan tempat unjuk pintar dengan teman lain. Esensi dari sekolah itu akan hilang menurut saya.”

Lagipula karena nggak ikut bimbel saya jadi bisa lebih fokus di sekolah, banyak waktu luang yang bisa saya isi untuk melakukan hal lain, seperti menulis, membaca dan berdiskusi dengan teman teman.

Dan untuk masalah pelajaran kalo dibilang ketinggalan nggak juga sih, jalanin aja, nikmati semua yang terjadi di sekolah. Saya nggak punya tips khusus buat ngimbangin mereka yang ikutan bimbel. Karena menurut saya sekolah bukan tempat untuk berkompetisi, sekolah adalah salah satu tempat saya membentuk karakter, jadi nilai kognitif bukan faktor utama yang perlu dikhawatirkan.

Saya sendiri masih optimis menghadapi ujian-ujian di sekolah. Karena bagi saya bukan masalah bimbel atau engga, yang penting menghargai dan optimal dalam proses, hasilnya pasti optimal juga. Jadi masalah ujian ataupun ulangan ga jadi masalah kalo kita optimal di semua proses yang kita hadapi.”

SALSABIL KHARISMANINGRUM WIDIANANDA – SMAN 13 Surabaya

“Aku nggak ikut bimbel karena males aja. Hehe, karena di sana mungkin aku nggak belajar tapi aku malah main sama temen-temen. Karena aku ga ikut bimbel juga aku jadi lebih enak aja tanya-tanya tentang pelajaran ke guru privat.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest