Follow Us

3 Alasan Endank Soekamti Layak Disebut Pahlawan Industri Musik Indonesia Hari Ini

- Minggu, 03 Desember 2017 | 04:45
Endank Soekamti Rilis Album ke-8
Hai Online

Endank Soekamti Rilis Album ke-8

Endank Soekamti adalah sebuah anomali dari kebanyakan band atau musisi yang ada di industri musik Indonesia di era (serba digital) sekarang. Kamis (9/11) kemarin, bertempat di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, trio “sableng” asal Yogyakarta ini secara resmi merilis album ke-8 mereka, Salam Indonesia.

Yap, lewat album Salam Indonesia inilah, Endank Soekamti makin memperlihatkan perbedaan mereka dengan kebanyakan band atau musisi lain yang ada di industri musik sekarang.

Endank Soekamti berbeda dalam konteks apa? Yang jelas, Endank Soekamti telah memberikan lebih untuk “ekosistem” industri musik Indonesia.

Dan, nggak ada salahnya, sebagai bentuk apresiasi atas apa yang telah Erix cs kerjakan selama ini, dalam momen Hari Pahlawan yang jatuh sekarang, nggak berlebihan jika HAI memberikan sedikitnya 3 alasan untuk menyebut Endank Soekamti sebagai pahlawan di Industri Musik Indonesia di era ini.

  1. Bukan Penghibur Biasa
Endank Soekamti
Sejak mengawali karirnya di awal 2000-an, kesan slengean dan urukan udah melekat di band ini. Lewat karyanya, mereka bisa menghibur banyak orang. Nggak cuma lewat karya yang ada di album, tiap aksi panggung Endank Soekamti, ada daya tarik luar biasa yang bisa mendatangkan ribuan bahkan para Kamtis Family. Nggak heran, HAI pernah memberi mereka gelar sebagai Band Raja Pensi pada pertengahan 2000-an silam.

Dalam launching album terbaru mereka, Salam Indonesia, mereka kembali menceritkan masa-masa awal Endank Soekamti terbentuk. Kesimpulannya, dalam segala kondisi, baik dan buruk, mereka tetap bisa bertahan.

Mulai dari keluar masuk label, industri musik yang sempat suram, sampai ditinggal personil, Endank Soekamti masih bisa manggung dan berkarya sampai detik ini.

Jelas, dari perjalanan karir Endank Soekamti, banyak pelajaran yang bisa diambil, dan mereka bisa disebut bukan para musisi penghibur biasa, karena, Endank Soekamti itu luar biasa.

  1. Musik juga Edukasi
Selalu Ceria dan Kocak
Mampu memanfaatkan perkembangan teknologi, sekaligus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan dunia digital yang sangat dinamis adalah kunci Endank Soekamti bisa berkembang seperti sekarang.

Ketika mereka HAI sebut bukan hanya sebagai penghibur biasa, salah satu alasannya adalah Endank Soekamti telah memberikan sebuah pengalaman lebih untuk siapapun yang ingin berkembang bersama mereka.

Lewat Does University dan movement seperti situs beli album fisik, banyak “pelajaran” yang bisa diambil dari apa yang telah mereka lakukan.

  1. Pembuat Ekosistem yang Menyegarkan
Erix di Acara launching album Salam Indonesia
Lewat banyak movement yang mereka lakukan, mulai dari sisi edukasi sampai pemahaman tentang bagaimana cara menghargai karya para musisi, dari membuat video berkualitas ketika sedang rekaman outdoor sampai bagaimana mengemas sebuah karya layak beli dan dikoleksi dalam bentuk boxset.

Dari memberi edukasi di atas panggung untuk para penonton dan Kamtis Family. Dari memberikan peluang banyak orang di Does University, lewat Euforia Records, Euforia Audio Visual, Euforia Digital, Euforia Pustaka, nantinya kita juga akan makin banyak mendapat ilmu dan faedah dari Endank Soekamti dari Euforia Music Ecosytem.

Semoga aja, ke depannya, makin banyak ilmu dan hal seru yang bisa kita tiru dari mereka. Untuk hari ini, mari kita ucapkan selamat atas rilisnya album ke-8 Endank Soekamti, Salam Indonesia, dan juga atas kelahiran anak ke-3 Mas Erix Soekamti, dan tentu aja, terima kasih telah menjadi salah satu pahlawan di Industri musik Indonesia hari ini.

Mandiri dalam bekerja, merdeka dalam berkarya.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest