Follow Us

Selain Micin, 4 Makanan Ini Juga Berbahaya Buat Otak!

- Kamis, 09 November 2017 | 07:00
Micin Nggak Bikin Bodoh Lho!
Hai Online

Micin Nggak Bikin Bodoh Lho!

HAI-ONLINE.COM – Belakangan ini, di media sosial lagi rame banget penggunaan kata “Generasi Micin”. Kata tersebut bermaksud sebagai kata untuk mengejek orang-orang yang dianggap kurang pintar karena pengaruh micin.

Namun rupanya, micin bukan satu-satunya hal yang bisa bikin kemampuan otak kita menurun, loh. Nggak percaya? Berdasarkan penelitian, selain micin, 4 makanan ini juga berbahaya buat otak!

Tahu

Bahan dasar Tahu adalah kacang kedelai, nah sebenarnya ada kontroversi soal kedelai sih, yaitu dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Demensia and Geriatric Cognitive Disorders.

Penelitian itu menyebutkan, asupan tinggi tahu, yaitu sembilan porsi lebih perminggu, dapat meningkatkan risiko penurunan kognitif dan kehilangan memori.

Studi ini menganalisa konsumsi tahu dari 719 pria dan wanita Indonesia, lalu meminta mereka melalui serangkaian tes memori.

Mereka yang makan lebih dari 9 porsi tahu dalam seminggu menghadapi penurunan daya ingat lebih besar dari mereka yang tidak makan tahu.

Untuk itu, temuan ini menunjukkan asosiasi dan bukan sebab-akibat. Namun, para peneliti menduga bahwa fitoestrogen yang terkandung pada tahu mungkin bertanggungjawab terhadap penurunan fungsi otak tersebut.

Kebalikan dari tahu, para peneliti menemukan bahwa tempe dapat meningkatkan kemampuan mengingat seseorang. Nah, kamu pilih yang mana?

Gajih di Bakso

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal PLoS One menemukan bahwa mengkonsumsi lemak trans atau gajih_dalam bakso misalna, terlalu banyak dapat menyebabkan seseorang kesulitan mengingat kata-kata.

Studi ini diikuti 1.018 relawan yang mengonsumsi lemak trans mulai dari 3,8 gram - 27,7 gram perhari. Untuk setiap gram lemak trans yang dikonsumsi setiap hari, peserta mengalami penurunan ingatan sebesar 0,76 kata.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest