Follow Us

Ini Rahasia Kenapa Helm Anti Kantuk Bikin Pengemudi Motor Selalu Melek

Alvin Bahar - Kamis, 02 November 2017 | 08:30
Kristiawan ingin meringankan angka kecelakan bermotor dengan Helm ini
Alvin Bahar

Kristiawan ingin meringankan angka kecelakan bermotor dengan Helm ini

HAI-ONLINE.COM - Sering ngantuk saat mengemudi ? Bahaya lho! Pasalnya hal itu kerap berakhir kecelakaan bro. Makanya, alumnus jurusan Teknik Manufaktur Universitas Surabaya Kristiawan Manik pun menciptakan helm antikantuk guys.

“Ide berawal berawal dari banyaknya kecelakaan karena pengemudinya mengantuk. Lalu saya juga sempat membaca di surat kabar kalo angka kecelakaan paling banyak dipicu karena pengendara mengantuk,” kata Kristiawan saat ditemui di acara Bosh Young Inventors di Jakarta, Jumat (19/8).

Cek deh: Tahun Lalu Viral Gara-gara Jadi Kaonashi Spirited Away, Kini Si Bocah Halloween Itu Cosplay Jadi Ryuk Death Note!

Kris, begitu sapaanya, menjelaskan, helm tersebut dinamai Anti Drowsing System (Androsys) ini memanfaatkan denyut nadi sebagai sensor kantuk saat mengemudi. Pada kondisi normal, jumlah denyut nadi seseorang 80 denyut per menit. Jumlah tersebut bakal menurun ketika kalian mengantuk guys.

Nah, saat itulah Androsys bekerja. Androsys sendiri terdiri dari tiga bagian, yaitu input, prosesor, dan vibrator. Kalo denyut nadi kalian kurang dari 80 denyut per menit, maka mikro controler akan mengeluarkan pesan untuk disalurkan ke vibrator. Lantas vibrator yang dilekatkan di kepala bagian atas bakal bergetar bro.

“Getaran ini berfungsi agar yang memakainya tidak jadi mengantuk,” beber Kris.

Untuk sekarang, doi bilang kalo ia bakal menyempurnakan helm tersebut supaya bisa lebih praktis. Soalnya, hingga sekarang, helm tersebut masih rumit karena cukup banyak kabel yang ada di dalam helm tersebut.

Makanya, doi belum bisa menjual helm tersebut ke perusahaan helm manapun bro. Well, inovasi dari Kris ini semoga bisa cepet diproduksi ya, biar mengurangi kecelakaan karena mengantuk. (Christoforus R)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest