Follow Us

Penjelasan Fisika Tentang Keberadaan Hantu Ini Bikin Kamu Nyesel Udah Jadi Penakut

Rizki Ramadan - Selasa, 31 Oktober 2017 | 10:15
Rumah Hantu di PL Project 2016
Rizki Ramadan

Rumah Hantu di PL Project 2016

HAI-online.com - Apakah hantu itu bener-bener ada? Jawaban dari pertanyaan ini bisa sangat berbeda-beda tergantung kamu ngeliatnya dari sisi apa. Pendekatan yang digunakan juga bisa berpengaruh terhadap hasil jawaban yang mungkin kamu dapet. Salah satunya adalah pengalaman dan preferensi pribadi tentang hal ini.

Tapi ada sebuah temuan menarik yang dilakukan oleh seorang fisikiawan tentang hal gaib ini. Seorang fisikiawan bernama Brian Cox berpendapat kalo hantu itu sebenernya nggak ada! Hal ini dia ungkapkan dalam podcast “The Infinite Monkey Cage” di BBC 4, acara yang secara khusus ngebahas tentang fenomena metafisika.

Menurut Cox, hantu itu nggak ada karena detektor paling ampuh sedunia, Large Hadron Collider (LHC), sampai kini nggak pernah mendeteksinya. LHC sendiri adalah akselerator partikel terbesar yang terdiri dari magnet superkuat dan akselerator yang melemparkan partikel hingga bisa berinteraksi satu sama lain.

(BACA: Menurut Psikolog, Ini Cara Ngegebet Cewek Berdasarkan Film Favoritnya. Cewek Pencinta Film Horor Paling Menantang!)

Dengan fungsinya tersebut, LHC seharusnya mampu ngeliat perilaku partikel. Dari situ ilmuwan bisa sedikit demi sedikit ngungkap misteri yang ada di alam semesta. Proyek LHC ini juga telah berhasil mengkonfirmasi partikel Higgs Boson atau ‘Partikel Tuhan’. Menurut Cox, kalo hantu itu ada, seharusnya LHC juga bisa mengkonfirmasi keberadaannya.

Cox juga ngejelasin kalo hantu bener-bener ada, hantu "murni" akan terdiri dari energi, bukan materi. Tapi, kalo tersusun dari energi, hantu seharusnya akan cepat hilang dan menjadi panas, Ini sesuai dengan Hukum II Termodinamika yang bilang kalo Total Entropi dalam sistem selalu meningkat.

Satu-satunya cara hantu bisa eksis dalam waktu yang lama adalah adanya sumber energi dari hantu itu sendiri. Namun, seperti yang udah diutarakan Cox sebelumnya, hingga kini belom terdeteksi oleh LHC.

“Kalo kita ingin pola yang membawa informasi di sel hidup bertahan. Maka kita harus menunjukkan secara pasti medium yang membawanya serta interaksinya dengan partikel penyusun tubuh kita.” Kata Cox, seperti dikutip dari Science Alert.

“Dengan kata lain, kita harus membuat pembaharuan pada Model Standar Fisika Partikel. Bahwa ada yang luput dari deteksi LHC. Itu tak terbayangkan dalam skala energi dalam interaksi partikel di tubuh kita,” jelas Cox. Karena dianggap ngelanggar hukum Termodinamika II itulah, Brian Cox menegaskan kalo hantu itu nggak ada.

Well, seperti yang udah dibahas sebelumnya, ada atau nggaknya keberadaan hantu emang tergantung dari sisi apa kita ngeliatnya. Dan menurut para fisikiawan, hal ini lah yang jadi temuan mereka berdasarkan disiplin ilmu Fisika.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest