Follow Us

Enaknya Kuliah di Luar Negeri, Nggak Ada Absen dan Skripsi!

- Sabtu, 28 Oktober 2017 | 06:30
Beasiswa Kuliah di Luar Negeri Beda Kampus Beda Aturan Main
Hai Online

Beasiswa Kuliah di Luar Negeri Beda Kampus Beda Aturan Main

HAI-ONLINE.COM – Ada banyak hal unik yang bisa kita dapatkan kalau kita kuliah di luar negeri. Selain makanan dan kebudayaan dari negara asli yang kita kunjungi, rupanya kuliah di luar negeri punya system yang berbeda dengan di Indonesia, loh.

Kalau di Indonesia kita terikat oleh banyak aturan kayak absen, tugas, sampai skripsi, hal itu nyatanya nggak berlaku di beberapa negara seperti yang dialami teman-teman kita.

Di Jerman contohnya. Ichal pernah mengikuti student exchange di University of Duisburg-Essen mengatakan bahwa di sana, para mahasiswanya nggak mengenal yang namanya istilah absen. Yap, kita bebas untuk menentukan mau masuk kuliah atau nggak.

(BACA: JANGAN MAGER MELULU. DUNIA SELALU BUTUH ANAK MUDA UNTUK MEMBAWA PERUBAHAN. INI BUKTINYA )

“Di sana (Jerman), nggak ada absen. Mau datang (kuliah) atau nggak, ya terserah kita. makanya absen nggak jadi salah satu faktor penentu kelulusan mata kuliah. Untuk lulus, ya, kita harus bagus di ujian akhir,” lanjut cowok berbadan gempal.

Sementara itu, di Turki, Roida Hasna Afrilita menambahkan bahwa sistem pendidikan di sana sedikit berbeda. Kalau di Indonesia kita mengenal istilah skripsi, lain halnya dengan Turki.

“Salah satu yang berbeda adalah buat kita yang mau masuk tahun ketiga kuliah, minimal IP harus 1.8 dengan skala IP 0-4. Selain itu, di sini nggak ada skripsi kayak di Indonesia,” tutup Roida yang kuliah di Canakkale Onsekiz Mart University, Rusia.

Gimana, tertarik buat kuliah di luar negeri?

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest