Follow Us

Aktuaria: Jurusan Kuliah yang Nggak Terlalu Dipandang, Tapi Bisa Bikin Kamu Punya Gaji Segudang!

- Kamis, 19 April 2018 | 10:30
Lulusan Aktuaria Paling Dicari
Hai Online

Lulusan Aktuaria Paling Dicari

HAI-ONLINE.COM – Buat yang ambil jurusan matematika, pasti nggak asing lagi dengan istilah aktuaria. Maklum, di beberapa kampus, aktuaria merupakan salah satu cabang dari ilmu matematika.

Nah, karena masih satu saudara dengan matematika, makanya nggak heran kalau jurusan ini jadi salah satu yang sepi peminat. Yap, sama kayak matematika, jurusan ini juga bakal bikin kita jadi lebih akrab dengan angka dan segala hitung-hitungannya.

Nantinya, ilmu matematika, keuangan, dan statistik yang diperoleh selama kuliah akan diaplikasikan untuk analisis kejadian di masa depan yang berdampak pada keuangan. Umumnya, aktuaris bekerja di bidang asuransi sebagai penilai resiko, penaksir resiko, sampai penerjemah resiko.

“Kalau di semester-semester awal, sih, lebih banyak pengenalan, ya kayak matematika dasar sama statistik. Nah, kalau udah semester akhir baru, deh, tuh, matematika jadi lebih banyak. Intinya, buat yang mau masuk aktuaria, harus menyukai matematika dulu, sih,” ujar Imam Bahari, salah satu pekerja aktuaria di perusahaan asuransi Arta Graha.

BACA: Ini 5 Lagu Terkutuk di Seluruh Dunia

Nah, nggak salah kalau dengar penjelasan Imam kita bakal malas untuk memilih jurusan ini sebagai kendaraan untuk prospek kerja kita ke depannya. Padahal, nih, ya, menurut Imam, profesi aktuaris justru memegang peranan penting di satu perusahaan, loh.

“Dapur perusahaan, tuh, kami (lulusan aktuaria) yang pegang. Nah, aktuaris, tuh, dicari banget di dunia kerja. Sebagai perbandingan, sampai saat ini cuma ada sekitar 150-170 aktuaris. Padahal, hampir semua perusahaan butuh orang-orang aktuaria. So, peluang lulusan ini terbuka lebar,” lanjut Imam.

Lantas, bagaimana soal gaji?

“Kalau buat aktuaris yang punya sertifikat Fellow of the Society of Actuaries of Indonesia (FSAI), lumayan pendapatannya. Karena kami jadi dapur perusahaan, maka gaji kami bisa setara dengan gaji yang didapat oleh dewan direksi,” ujar Imam pamer.

Lumayan banget, kan, gajinya?

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest