Follow Us

Mengintip Surat Obama Muda Untuk Mantan Pacarnya Saat Kuliah. Pelajaran Jadi Gentleman Banget!

Rizki Ramadan - Kamis, 19 Oktober 2017 | 10:45
Surat Cinta Obama Kepada Mantannya
Rizki Ramadan

Surat Cinta Obama Kepada Mantannya

HAI-online.com - Beda zaman, beda pula cara anak muda mengekspresikan kegelisahan jiwanya. Kalau anak zaman sekarang punya media sosial dan chat messenger. nah, kalau di zamannya Barack Obama muda, surat masih menjadi salah satu alat utama dalam komunikasi.

Nyatanya, seorang Obama muda sangat suka menulis surat. Ia kerap menumpahkan kegalauannya atas hidup ini kepada mantan pacarnya saat ia kuliah, Alxeandra McNear.

Sebanyak 30 lembar surat yang dibagi menjadi 9 bagian itu tersimpan dan tengah diarsipkan di Emory University di Atlanta. Sekarang ini, surat tersbut boleh dibuka untuk para peneliti. Di surat yang ditulis pada kisaran 1982-1984 itu--saat Obama kuliah di Columbia Univesrsity--kita bisa melihat gimana gejolak jiwa seorang Obama muda.

Kepada pacarnya, ia bercerita tentang masalah uang, eksistensinya di dunia ini, identitas etnisnya, dan tentunya tentang cinta-cintaan.

Tentang asmara, misalnya, ia pernah menulis tentang keraguannya atas rasa cinta.

"Aku kerap memikirkanmu, meski aku masih ragu tentang perasaanku ini," tulis Obama dalam suratnya kepada Alexandra McNear pada 1983. "Sepertinya kita akan menginginkan apa yang tak bisa kita miliki. Itu yang mengikat kita. Itu yang membuat kita berjarak."

Tentang karier, Obama pernah bercerita juga saat ia merasa kekurangan gaji. (BACA: Beginilah Kamar Kecil Mark Zuckerberg Di Asrama Harvard, Tempat Ia Melahirkan Facebook )

"Gaji di organisasi masyarakat terlalu sedikit untuk bertahan hidup, jadi aku ingin bekerja di perusahaan yang lebih konvensial selama setahun agar bisa menabung untuk mengejar sesuatu yang lebih menarik berikutnya," demikian isi sebagian tulisan Obama dalam suratnya pada 1983.

Rosemary Magee, Direktur Perpustakaan Stuart A Rose, menyebutkan bawa surat-surat Obama bercerita tentang perjlanan hidup seorang pemuda yang tengah mencari jati diri dan tujuan dalam hidupnya. Tapi jangan salah dulu, Obama tentu nggak melulu galau, di suratnya untuk si mantan, Obama juga kerap menceritakan ulasan buku yang baru saja di bacanya.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest