Follow Us

4 Tahun Lagi, 3 Pekerjaan Ini Diprediksi Bakal Digantikan Oleh Robot

Alvin Bahar - Minggu, 22 Oktober 2017 | 08:30
Kostum Robot Hyundai yang dapat digunakan oleh manusia
Alvin Bahar

Kostum Robot Hyundai yang dapat digunakan oleh manusia

HAI-ONLINE.COM - Seiring dengan perkembangan zaman, banyak hal yang mulai berubah sejalan dengan berbagai teknologi yang ditemukan. Perkembangan teknologi yang sedemikian pesatnya, akhirnya juga membawa perubahan pada hal-hal mendasar yang dulu sering dilakukan. Salah satu yang paling terlihat dari efek perkembangan teknologi, adalah kemungkinan semakin menurunnya interaksi antar manusia dalam berbagai kegiatan yang dilakukan.

Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi terkait robot dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) menjadi semakin canggih. Dua teknologi ini pun perlahan-lahan diprediksikan akan menggantikan peranan manusia dalam berbagai hal.

Yap, bahkan dalam jangka lima tahun mendatang, robot dan AI diperkirakan udah mampu mengambil alih berbagai posisi di tiga bidang pekerjaan. Ketiganya adalah customer service, jasa pengiriman logistik, dan pelayanan transportasi taksi. Hal ini sendiri diprediksikan oleh lembaga riset dan analisis, Forrester, seperti dikutip dari CNBC.

“Pada 2021, sebuah gelombang perubahan akan dimulai,” kata Vice President Forrester, seperti yang tertulis dalam laporan tersebut. “Solusi-solusi berbasi AI atau teknologi kognitif akan memangkas pekerjaan-pekerjaan. Dampak terbesarnya akan terasa di transportasi, logistik, dan layanan pelanggan,” tulisnya.

Cek: 10 Pesepakbola Ini Namanya Kocak Banget Kalo di Indonesia

Peranan teknologi robot dan AI yang diprediksikan akan menggantikan pekerjaan manusia di tiga area tersebut, diperkirakan bakal menggerus 6 persen dari keseluruhan lapangan kerja yang tersedia. Forrester mengambil contoh mobil tanpa sopir misalnya, yang akan menghasilkan dampak yang luas di industri transportasi dan otomotif.

Seperti halnya kecerdasan buatan, pada 2021 nanti progam-progam semacam Siri, GoogleNow, atau bahkan bot Facebook Messenger diprediksi juga akan lebih berkembang lagi. Mereka bakal lebih pintar dalam mengenali bahasa dan perilaku manusia, sehingga mampu menangani berbagai situasi dengan baik.

Saat ini sendiri, Facebook telah mengoperasikan lebih dari 33.000 bot di Messenger. Bot digunakan oleh perusahaan-perusahaan klien Facebook buat berkomunikasi dengan pelanggan melalui Messenger. Bot ini bahkan bisa diatur agar bisa menerima pembayaran dari pelanggan melalui aplikasi.

Well, sepertinya era persaingan antara manusia dan robot udah dimulai nih!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest