Follow Us

Fernando Torres dan 3 Pesepakbola yang Hampir Meninggal di Lapangan

Alvin Bahar - Senin, 16 Oktober 2017 | 02:30
Fernando Torres Hampir Tewas Setelah Jatuh Kepala Duluan
Alvin Bahar

Fernando Torres Hampir Tewas Setelah Jatuh Kepala Duluan

HAI-ONLINE.COM - Pertandingan La Liga antara Deportivo La Coruna dan Atletico Madrid mungkin akan jadi salah satu momen yang bakalan dikenang Fernando Torres sepanjang hidupnya. Di pertandingan tersebut, Torres hampir saja nggak tertolong nyawanya karena insiden di lapangan yang bikin ia terkapar dan nggak sadarkan diri. Untung aja kedua rekannya, Gabi dan Sime Vrsaljko tanggap dan segera ngasih perolongan pertama buat cegah lidah tertelan (tongue swallowing), yang dialami oleh Torres.

Cek nih: Sama Seperti Choirul Huda, 3 Pesepakbola Eropa Ini Juga Meninggal Dunia di Lapangan

Kondisi lidah tertelan bisa sangat berbahaya karena bisa bikin tersumbatnya kerongkongan sehingga ngehambat aliran oksigen yang masuk. Pertolongan Gabi dan Vsaljko sangat vital sebelum semuanya terlambat. Karena kalo telat dikit aja, kondisi seperti ini bisa mengakibatkan kematian! Torres bukanlah pemain pertama yang hampir meninggal di lapangan karena lidah tertelan. Sebelumnya tercatat ada beberapa pemain yang pernah ngalamin hal yang sama, berikut di antaranya:

Martin Berkovec – (Bohemians 1905)

Belum lama sebelum peristiwa yang menimpa Torres, pemain klub Boheminas 1905, Martin Berkovec, juga ngalamin hal yang sama. Dalam sebuah pertandingan lanjutan Liga Utama Republik Ceko, antara Boheminas 1905 dan FC Slovacko, Berkovec tergeletak nggak sadarkan diri setelah berbenturan dengan rekan setimnya sendiri. Untung aja, saat itu ada Francis Kone, penyerang klub lawan yang responsif dan segera ngasih pertolongan pertama seperti yang dilakukan Gabi kepada Torres.

Kone sendiri ngaku kalo ini bukanlah yang pertamakalinya ia ngasih pertolongan pertama insiden lidah tertelan di sebuah pertandingan sepak bola. Selama kariernya sebagai pespakbola, Kone setidaknya pernah ngelakuin pertolongan yang sama sebanyak empat kali. Sekali ketika sedang berada di Thailand, dua kali di Afrika, dan sekali di Ceko pada insiden yang menimpa Berkovec. Salut!

Cek deh: Malam Sebelum Bertanding, Choirul Huda Meminta Dibelikan Minuman Ini

Oleg Gusev – (Dinamo Kyiev)

Kejadian ini terjadi pada tahun 2014 lalu, pada pertandingan lanjutan Liga Ukraina antara Dinamo Kyieb dengan Dnipro. Dalam pertandingan itu, kapten Dinamo Kyiev, Oleg Gusev, sempet nggak sadarkan diri setelah berbenturan dengan kiper Dnipro, Denys Boyko. Ketika itu, leher Gusev terbentur lutut Boyko sehingga ia ngalamin kesulitan bernafas karena lidahnya tertelan sehingga ngeyumbat aliran pernafasan.

Untunglah saat itu gelandang Dnipro, Jaba Kankava segera berekasi cepat. Ketika itu, Kankava langsung memasukkan jarinya ke tenggorokan Gusev agar suplai oksigen kembali lancar. Meski jarinya tergigit, Kankava dapet apresiasi atas aksi heroiknya ini. beberapa pemain Dinamo Kyiev pun terlihat ngasih ucapan terima kasih kepada pemain asal Georgia ini. Keren!

John Terry – (Chelsea)

Kapten Chelsea dan juga bek tangguh Timnas Inggris, John Terry, ternyata juga pernah ngalamin hal yang sama ketika berada di lapangan. Peristiwa yang menimpa John Terry terjadi pada pertandingan Piala Liga musim 2007, antara Chelsea dengan Arsenal. Ketika itu, Terry yang berniat menyundul bola secara nggak sengaja kepalanya tertendang kaki pemain Arsenal, Abou Diaby. Terry yang sempet nggak sadarkan diri akhirnya berhasil diselamatkan berkat penanganan tim medis yang cepat dan responsif.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest