Follow Us

60 Juta Tahun yang Lalu, Kura-kura Punya Ukuran Segede Mobil!

- Kamis, 05 Oktober 2017 | 09:34
Kura-kura raksasa
Hai Online

Kura-kura raksasa

Pernah kebayang nggak, kira-kira, nenek moyangnya kura-kura, tuh, gimana bentuknya ya? Well, menurut sebuah penelitian, kura-kura sekitar 60 juta tahun yang lalu, ternyata punya ukuran hampir segede mobil!

Jadi gini, peneliti dari South Carolina State University, Amerika Serikat, Edwin Cadena, mengatakan bahwa cangkang dari kura-kura pada masa 60 juta tahun yang lalu ternyata bisa dipakai buat kolam renang mini. Yang mengejutkan, tengkorak kura-kura bisa berukuran sebesar bola!

“Kura-kura ini merupakan yang paling besar yang pernah ditemukan di area ini dari masa yang sama. Dan ini juga jadi bukti pertama adanya kura-kura air raksasa,” ujar Edwin.

Fosil kura-kura raksasa
Jadi, fosil kura-kura dengan nama Carnonemys Cofrinii ini ditemukan di wilayah Kolombia. Menurut Edwin, ada beberapa faktor yang bisa bikin kura-kura ini punya ukuran yang gede banget.

Di antaranya ada predator yang sedikit, habitat yang lebar, sampai ketersediaan makanan yang melimpah. Nah, selain itu, habitat kura-kura saat itu lebih hangat kalau disbanding dengan masa sekarang.

Well, kalau kura-kura ini masih ada, lo berani buat pelihara nggak?

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest