Follow Us

5 Fakta Film 'Turah', Film Lokal yang Masuk Seleksi Oscar 2018

Alvin Bahar - Rabu, 20 September 2017 | 10:42
Poster film Turah
Alvin Bahar

Poster film Turah

Film Turah diikutkan seleksi Academy Awards alias Oscar 2018! Film yang berkisah tentang soal problematika warga Kampung Tirang, Tegal, Jawa Tengah, yang terisolasi bertahun-tahun itu tayang perdana di bioskop Tanah Air pada 16 Agustus 2017 lalu.

Film tersebut diikutkan seleksi film yang akan menjadi nomine untuk kategori Best Foreign Language Film atau film berbahasa asing terbaik.

Sebelum diikutkan ke Oscar, film berbahasa daerah Tegal itu juga memenangi tiga kategori dalam Jogja-Netpac Asian Film Festival.

Anyway, mau tau fakta-fakta lain seputar film ini dan keikutsertaannya di seleksi Oscar 2018? Cek di bawah ini!

Baca Juga: Ini Dia Kisah Moonlight, Pencarian Jati Diri Cowok Gay Kulit Hitam yang Jadi Film Terbaik Oscar 2017

1. Sutradara nggak nyangka masuk seleksi Oscar!

Sutradara film Turah, Wicaksono Wisnu Legowo, mengaku tak menyangka karyanya terpilih mewakili Indonesia dalam seleksi Academy Awards 2018.

"Nggak nyangka umurnya bisa sepanjang ini, sudah hampir setahun, ternyata masih ada yang mengapresiasi Turah. Lalu dipercaya untuk mewakili ini (Oscar)," kata Wicaksono saat dihubungi wartawan Kompas.com via telepon, Selasa (19/9/2017) malam.

2. Animo penonton Indonesia rendah

Film Turah
Wicaksono mengatakan secara komersial, animo penonton terhadap Turah terbilang rendah. Filmnya itu hanya mendapat total 16 layar untuk seluruh Indonesia. Umur pemutarannya di jaringan bioskop Tanah Air pun pendek, sekitar dua pekan.

Namun Turah mendapat tempat di sejumlah festival film, salah satunya Singapore International Film Festival.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest