Follow Us

Susah Minta Duit Jajan Ke Ortu? Ikuti 3 Tips Jitu Ini!

Fadli Adzani - Rabu, 20 September 2017 | 03:34
Asik dapet uang jajan
Fadli Adzani

Asik dapet uang jajan

Kalau lo pengen minta duit jajan ke orang tua, tapi suka ragu atau susah. Atau lo pengen ngasih kabar kalau harus bayar buku tahunan dan ini itu lainnya ada rasa nggak enak, HAI punya nih, beberapa saran langsung dari ahlinya untuk menghalau rasa nggak enak lo ngomong ke orang tua.

Tara de Thouars, psikolog yang sudah beberapa kalinerbitinbuku iningasihtiga tips terkait hal itu, Sob!

Lihatmoodorang tua

Kalau menurut Mbak Tara,nih,saatlomau bicarain terkait hal-hal sensitif, apalagi uang mesti hati-hati lihat kondisi orang tua. Perhatikan suasana hati orang tualo.Jangan langsungngomongminta uang saat orang tua lagibad mood atau capek, ya! Waktu-waktu yang cocok buat bicarain hal itu bisa saat akhir pekan, saat makan bersama, atau waktu-waktu senggang lainnya yang suasananya memungkinkan.

Sensitifitas topik

Pemilihan topik juga harus lo perhatikan tingkat sensitifitasnya. Bagaimanapun,lolihat juga apa orang tualonyaman kalau bicarain hal itu saat ini. Kehati-hatian bicara terkait topik juga biar bikin orang tualonantinya jadi nggak terbebani. Harus siap juga, ya kalau memang ada pendapat dariloatau pun orang tua yang belum bisa diterima satu sama lain.

Mulai dari "aku"

Nih,brocoba mulai obrolan dari dirilo.Apa yanglopengen pelan-pelan diutarakan, tapi jangan langsung tembak, ya! Jauhin dehobrolanyang dimulai dari sikap orang tua kepada dirilo.Ceritain aja apa yang terjadi di diri secara terbuka. Kalaulosudah terbuka, orang tua juga pasti bakal terbuka dan nggakdefenseatau merasa tertuduh dan tertodong.

Tiga tips itu wajib bangetlopraktikkan, ya biar uang jajan lancar terus. Selain itu juga, hubunganlodengan orang tua juga bakal lebih baik 'kan. Selamat mencari pundi-pundi rupiah,Bro!

(Dewi Rachmanita Syiam)

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

Latest