Follow Us

Pernah Ngerasa Seperti Jatuh Dari Ketinggian Saat Tidur? Ini Penjelasan Ilmiahnya

- Minggu, 14 Januari 2018 | 04:33
Sensasi terjatuh saat tidur
Hai Online

Sensasi terjatuh saat tidur

HAI-onilne.com - Bisa dibilang, tidur adalah salah satu ritual yang paling disukai banyak orang. Wajar, dengan tidur, kita bisa melupakan masalah sejenak, atau sekitar ngelemesin badan yang seharian udah ngelakuin banyak aktivitas.

Tapi, pas lagi tidur, pernah nggak, sih, lo ngerasa tiba-tiba kayak jatuh dari ketinggian?

Well, dilansir dari Brightside, sensasi terjatuh, dilemparkan, sampai terhempas dari kekosongan ternyata merupakan siklus dalam proses tidur.

Nah, saat tidur, kita bakal memasuki empat tahap. Perasaan jatuh itu, masuk ke dalam tahap kedua yang dalam dunia medis disebut NREM. Hal ini biasanya terjadi secara alami saat otot tubuh mulai rileks pengen tidur. Namun, tiba-tiba otak kita merespon seperti berjaga bertindak seakan kita bakal jatuh.

BACA JUGA: 3 Makanan Ini Bisa Bikin Kita Mimpi Indah

Efeknya, otot di tubuh bakal jadi tegang, terus kita bakal kaget dan terbangun karena pengen jatuh.

Nggak berhenti sampai di situ. Nggak sedikit juga orang yang pernah ngerasain sensasi kesetrum ringan saat bangun tidur. Biasanya, nih, sensasi ini dirasain saat kita ngerasa capek banget dan tegang dalam menjalani aktivitas, punya kebiasaan tidur yang nggak teratur ,sampai sering merasa cemas.

Tapi tenang, hal itu nggak punya efek samping bahaya buat kesehatan, kok. Jadi, kalau tiba-tiba ngerasain sensasi itu lagi, tarik napas dalam-dalam, coba buat bersantai dan kembali tidur.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest