Follow Us

Gara-gara Mark Zuckerberg Pernah Ngobrol di Dekat Pos Ronda, Daerah di Yogyakarta Ini Dikasih Nama Jalan Zuckerberg

Alvin Bahar - Selasa, 12 September 2017 | 03:10
Mark Zuckerberg saat mengunjungi Kampoeng Cyber.
Alvin Bahar

Mark Zuckerberg saat mengunjungi Kampoeng Cyber.

Kalo kamu pernah main ke Kampoeng Cyber, Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta, ada satu nama jalan yang cukup mencolok. Di plang penanda jalan tertera tulisan "Zuckerberg", mengacu pada pendiri Facebook, Mark Zuckerberg.

Pria asal Negeri Paman Sam ini memang pernah berkunjung ke Kampoeng Cyber -sebelumnya dikenal sebagai Kampung Tamanan- pada bulan Oktober 2014 lalu.

Peristiwa kunjungan Zuckerberg kini diabadikan sebagai nama jalan yang dilaluinya ketika itu.

"Dulu, Mark jalan di sepanjang jalan itu. Dia ngobrol di dekat pos ronda," ujar Antonius Sasongko, penggagas Kampoeng Cyber, mengingat kejadian tersebut, ketika dihubungi KompasTekno, Minggu (10/9/2017).

"Mark datang begitu saja, spontan," lanjut pria yang sering disapa Koko ini.

Zuckerberg datang mendadak tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Rupanya doi dengar kabar soal Kampoeng Cyber yang warganya giat memanfaatkan internet untuk membantu kegiatan sehari-hari, lalu merasa penasaran.

Sebuah kunjungan ke Kampoeng Cyber pun disiapkan di sela-sela kegiatan Zuckerberg di Indonesia pada 2014 lalu.

Saking tiba-tibanya kunjungan Zuckerberg, beberapa warga sempat nyangka dia adalah salah satu turis bule yang memang sering wira-wiri di sana. Hihihi.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara berfoto di depan plang nama Jalan Zuckerberg, bersama anak-anak warga Kampoeng Cyber ketika berkunjung ke sana, Sabtu (9/9/2017).(Taman Erte Tiga Enam/ Facebook)
Setelah ngobrol sekitar satu jam dengan warga soal penggunaan internet di Kampoeng Cyber, Zuckerberg pun melanjutkan perjalanan ke Jakarta.

Belakangan, bersama dengan perayaan 17 Agustus tahun ini, warga berinisiatif menamai jalan yang dilalui sang pendiri Facebook sebagai "Zuckerberg Street".

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular