Follow Us

Biar Nggak Ketipu, Ayo Pahami Skema Ponzi, Modus Bisnis yang Dipake First Travel

Alvin Bahar - Rabu, 30 Agustus 2017 | 06:41
First Travel
Alvin Bahar

First Travel

Udah beberapa minggu ini, timeline kita rame sama penipuan yang dilakukan biro umrah First Travel.

Yang harus kita waspadai adalah, skema yang dipake First Travel itu udah ada ratusan tahun. Jangan sampe kita ketipu! Skema yang dipakai First Travel adalah skema Ponzi.

Skema Ponzi adalah modus investasi palsu yang membayarkan keuntungan kepada investor dari uang mereka sendiri atau uang yang dibayarkan oleh investor berikutnya, bukan dari keuntungan yang diperoleh oleh individu atau organisasi yang menjalankan operasi ini.

Ciri khas dari investasi dengan skema Ponzi adalah tawaran imbal hasil tinggi dibanding investasi lain dalam waktu singkat.

Keuntungan investor tersebut bukan dari hasil investasi di mana-mana oleh organisasi yang menjalankan bisnis investasi, melainkan dari uang investor sendiri atau uang yang dibayarkan investor berikutnya.

Imbal hasil investor senior dibayarkan oleh investor junior. Namun ketika tidak ada lagi investor baru, skema tersebut tidak berjalan, dan keuntungan tidak dapat dibayarkan kepada investor. Bisa dipastikan kerugian yang akan diperoleh investor.

Skema ini dicetuskan oleh Charles Ponzi, yang kemudian menjadi terkenal pada tahun 1920.

Skema Ponzi didasarkan dari praktik arbitrasi dari kupon balasan surat internasional yang memiliki tarif berbeda di masing-masing negara. Keuntungan dari praktik ini kemudian dipakai untuk membayar kebutuhannya sendiri dan investor sebelumnya.

Ponzi menyatakan bahwa uang yang diperoleh dari investasinya akan dikirimkan ke agen di luar negeri, seperti Italia, di mana mereka membeli kupon tersebut.

Lalu kupon itu dikirimkan kembali ke Amerika Serikat dan ditukarkan perangko yang harganya lebih mahal. Ponzi menyatakan keuntungan bersih setelah mengukur nilai tukar adalah lebih dari 400%.

Namun setelah berhasil memperoleh jutaan dolar Amerika, kedok dari praktik ini terbongkar. Hal yang tidak dapat dimungkiri karena dalam keadaan investasi yang dijanjikan, seharusnya ada 160 juta kupon yang dikeluarkan, namun hanya 27 ribu yang terealisasikan. Setelahnya Charles Ponzi ditangkap dan dipenjara.

Nah, sekarang perhatiin deh kalo ada bisnis mencurigakan dan pake skema Ponzi, mending nggak usah ikut!

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com dengan judul "Skema Ponzi, Modus Investasi Palsu Legendaris yang Banyak Memakan Korban"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest