Para Peneliti Menemukan Dinosaurus Terbesar. Beratnya Setara 12 Gajah yang Ditumpuk Jadi Satu!

- Selasa, 15 Agustus 2017 | 10:30
Hai Online

Patagotitan mayorum

Para peneliti menemukan dinosaurus berukuran besar. Kabarnya, dinosaurus ini berhasil mengalahkan rekor sebelumnya sebagai dinosaurus terbesar yang dipegang oleh Argentinosaurus hiunculensis.

Dinosaurus ini punya berat sekitar 69 ton. Nah, para paleontolog meyakini bahwa titanosaurus ini punya berat setara 12 gajah yang ditumpuk jadi satu!

Dilansir dari National Geographic, kisah penemuan ini bermula pada 2012 silam saat pekerja peternakan bernama Aurelio Fernandez di Argentina menemukan kumpulan fosil. Nggak lama setelah itu, datanglah ahli paleontology dari museum setempat buat memeriksanya.

Setelah menghabiskan penggalian selama 18 bulan, tim ilmuwan menemukan tulang paha setinggi 2,4 meter (8 kaki). Tak hanya satu, tapi tulang dari enam dinosaurus berbeda. Seusai direkonstruksi, panjangnya mencapai 37 meter.

Saking panjangnya, nggak cukup satu ruangan di Museum Sejarah Alam Amerika di kota New York untuk memamerkan herbivora terbesar itu.

Patagotitan mayorum
Para peneliti menamai titanosaurus itu Patagotitan mayorum. Patogania merujuk pada tempat asal ditemukan, sedangkan “titan” mengingatkan pada dewa Yunani dengan kekuatan dan ukurannya yang besar.

Nama spesies "Mayorum" diberikan sebagai tanda penghormatan keluarga Mayo atas keramahannya selama masa penggalian. Penemuan ini telah dipublikasikan di jurnal Proceedings of Royal Society B.

Menariknya, ukuran dinosaurus yang terungkap kali ini bukanlah ukuran yang sebenarnya. Hasil analisis dari lima tulang paha dan satu tulang lengan atas menunjukkan bahwa pertumbuhan dinosaurus besar ini belum berhenti!

Jose Luis Carballido, pemimpin penelitian, mengatakan bahwa dinosaurus ini kemungkinan bisa mencapai tinggi 15 meter, jika leher mereka diluruskan ke atas.

Editor : Hai Online