Follow Us

Ini Dia Foto-foto Indahnya Gerhana Bulan Sebagian Semalam

Alvin Bahar - Selasa, 08 Agustus 2017 | 04:19
(ANTARA FOTO/NYOMAN BUDHIANA)
Alvin Bahar

(ANTARA FOTO/NYOMAN BUDHIANA)

Selain Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus nanti, rupanya ada satu lagi hari spesial buat kita di bulan Agustus.

Di tanggal 7 Agustus, ada fenomena alam langka di langit Indonesia, yakni gerhana bulan parsial atau gerhana bulan sebagian.

Dilansir dari situs resmi BMKG, gerhana ini bisa diamati dari Indonesia pada tanggal 7 Agustus pada pukul 22.50 WIB dan puncaknya sendiri bakal terjadi pada pukul 01.20 tanggal 8 Agustus mendatang.

Bulan dengan wajah itu bisa dilihat dengan mata telanjang, nggak perlu alat bantu. Selain itu, nggak perlu juga pelindung untuk mengamatinya.

Gerhana malam ini adalah gerhana terakhir pada 2017. Tahun ini, ada 2 gerhana matahari dan 2 gerhana bulan.

Nggak satu pun gerhana matahari tahun ini yang bisa disaksikan dari Indonesia. Sementara, satu gerhana bulan lainnya cuma gerhana penumbra sehingga tak kasatmata.

Foto-foto fase terjadinya gerhana bulan sebagian itu terekam dengan baik oleh fotografer Antara.

Foto itu antara lain diambil dari Gianyar, Bali; Indramayu, Jawa Barat; dan Surabaya, Jawa Timur.

Berikut ini foto-foto terjadinya gerhana bulan sebagian yang terlihat di beberapa tempat di Tanah Air.

(ANTARA FOTO/DEDHEZ ANGGARA)
Foto kolase gerhana bulan sebagian di Indramayu, Jawa Barat, Selasa (8/8/2017) dinihari. Fenomena Gerhana Bulan Sebagian (GBS) yang terjadi selama 5 jam 52 detik tersebut, 20 persen permukaan bulan berada dalam bayang-bayang bumi dan terjadi pada pukul 00.22 WIB hingga puncaknya pada pukul 01.20 WIB.

(ANTARA FOTO/DEDHEZ ANGGARA)
Foto kolase proses gerhana bulan parsial terlihat di kawasan Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (8/8/2017). Fase gerhana bulan parsial berlangsung selama 1 jam 56,6 menit, dari pukul 00.22 WIB hingga 2.18 WIB.

(ANTARA FOTO/NYOMAN BUDHIANA)
Foto kolase fase gerhana bulan sebagian yaitu awal gerhana (kiri), puncak gerhana (tengah) dan akhir gerhana (kanan) yang terpantau dari Kota Gianyar, Bali, Selasa (8/8/2017). Gerhana bulan yang berlangsung sekitar 1 jam 55 menit tersebut dapat dilihat dari seluruh kepulauan di Indonesia.

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Indahnya Gerhana Bulan Sebagian Semalam"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest