Follow Us

Ini Dia Alasan Kenapa Kamu Nggak Usah Niup Lilin Ulang Tahun

- Sabtu, 03 Maret 2018 | 12:57
Tiup lilin
Hai Online

Tiup lilin

HAI-online.com - Udah jadi tradisi buat kita yang lagi ulang tahun pasti bakal ada prosesi tiup lilin. Yap, tanpa prosesi yang satu ini, kita kayaknya belum sah ngerayain ulang tahun.

Tapi ternyata, nih, guys, prosesi itu sebnernya nggak baik, loh.

Dilansir dari Kompas.com, ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa niup lilin ulang tahun, tuh, jorok banget!

Dipublikasikan dalam Journal of Food Research, para peneliti dari Clemson University di Carolina Selatan, Amerika Serikat, menemukan bahwa meniup lilin meningkatkan jumlah bakteri pada kue sebanyak 1.400 persen. Ewh!

Nah, untuk mengujinya, para peneliti bikin kue palsu berupa styrofoam yang dilapisi alumunium foil. Terus, kue itu dibungkus dengan frosting dan menaruh lilin di atasnya.

BACA JUGA: Bukan Sekedar Keren-kerenan, 4 Gaya Rambut Punk Ini Punya Makna Historisnya. Kenali Yuk!

Selain itu, para partisipan juga diminta buat mencium dan memakan sepotong pizza panas yang biasanya dihidangkan di acara ulang tahun. Setelah itu, para eneliti mengumpulkan sampel dari alumunium foil dan mengulaingi eksperimen ini tiga kali.

Rata-rata, meniup lilin ternyata melipatgandakan jumlah bakteri jadi 15 kali lipat dari jumlah awal. Bahkan, salah satu partisipan meningkatkannya jadi 120 kali lipat!

“Beberapa orang meniup kue dan nggak nularin bakteri apa pun. Di sisi lain, ada satu atau dua orang yang nggak tau kenapa bisa nularin banyak banget bakteri,” ujar Professor Paul Dawson, pemimpin penelitian.

Meski begitu, Dawson berkata bahwa meniup lilin bukanlah masalah kesehatan serius. “Sebenarnya, kalau pun Anda melakukan ini 100.000 kali, kemungkinan untuk jatuh sakit sangatlah kecil,” ujarnya.

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com dengan judul Alasan Anda Harus Pikir Ulang Sebelum Meniup Lilin Ulang Tahun.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest