Follow Us

Nggak Banyak yang Sadar, Asteroid Seukuran Pesawat Nyaris Nabrak Bumi!

- Selasa, 01 Agustus 2017 | 05:06
Asteroid
Hai Online

Asteroid

Nggak banyak yang sadar kalau sebuah asteroid seukuran pesawat nyaris nabrak bumi pada 20 Juli lalu. Bahkan, para astronom baru tau kalau ada hal tersebut tiga hari abis kejadian.

Seperti yang dilansir dari Kompas.com, asteroid yang sekarang dikasih nama 2017 001 ini lagi mengorbit saat berpapasan dengan bumi. Jarak terdekat bumi dan asteroid itu hanya sepertiga jarak bulan ke bumi, atau sekitar 123.031 kilometer.

Nah, menurut para astronom di Hawaii yang pertama kali liat, asteroid itu berukuran sekitar 37 sampai 77 meter. Ukuran ini tiga kali lipat lebih gede dari meteor yang nyerang Chelyabinsk, Rusia pada tahun 2013, yang hanya berukuran sekitar 20 meter.

Sebenernya, mendeteksi asteroid di sekitar bumi nggak mustahil. Buktinya, nih, para astronom udah berhasil mendeteksi 10 asteroid sebelum mereka mendekat ke bumi di tahun 2017.

Bahkan, para astronom juga udah mengantisipasi asteroid 2012 TC4 yang bakal melewati bumi dengan jarak dua kali lipat lebih dekat dari 2017 001 Oktober nanti!

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com dengan judul artikel Tanpa Anda Sadari, Asteroid Seukuran Pesawat Nyaris Menabrak Bumi.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest