Follow Us

Wah, Ternyata Sejarah Piala Konfederasi Berasal dari Arab Saudi! Gimana Ceritanya?

- Kamis, 29 Juni 2017 | 09:22
Juara Pertama di 1992
Hai Online

Juara Pertama di 1992

Tadi malam, Kamis (29/6) Portugal dipaksa angkat koper dari Piala Konfederasi 2017, setelah gagal dalam babak adu penalti lawan Cile di babak semifinal, dan nanti malam Jumat (30/6), Jerman akan bertemu Meksiko di laga semifinal Piala Konfederasi 2017.

Seru, ya, libur lebaran gini, ada pertandingan sepkabola seru “sekelas” Piala Dunia, negara-negara terbaik dari berbagai benua dikumpulkan dalam satu kompetisi. Tapi, udah ada yang tau belum awal mula hadirnya Piala Konfederasi? Sejarah dimulainya kompetisi ini?

Nah, buat yang belum tau dan tertarik ingin tau, baca terus artikel yang HAI kutip dari Juara.Net ini sampai habis, yha! Ini dia ceritanya.

Semuanya bermula dari duka mendalam dirasakan rakyat Arab Saudi ketika Raja Fahd bin Abdulaziz Al Saud mangkat pada 2005. Nggak cuma rakyat Arab Saudi, kesedihan juga melanda dunia sepak bola.

Kompetisi Pertama dimulai pada 1992
Perasaan itu terwakilkan lewat ungkapan belasungkawa yang disampaikan Presiden FIFA kala itu, Sepp Blatter, dan sang Sekretaris Jenderal, Urs Linsi.

"Kepergian Raja Fahd meninggalkan kesedihan mendalam di hati orang-orang yang mengenalnya. Bukan hanya rakyat Arab Saudi yang akan merindukannya, tapi rasa kehilangan juga akan terasa sampai luar batas kerajaan," demikian bunyi ucapan belasungkawa FIFA.

Lah, apa hubungannya Raja Arab Saudi dengan sepak bola dunia?

Jadi gini, King Fahd, demikian publik internasional mengenal Fahd bin Abdulaziz Al Saud yang menduduki takhta raja Arab Saudi sejak 1982 itu sangat berjasa membangun infrastruktur olahraga kelas satu di Negeri Timur Tengah tersebut.

Di bawah kepemimpinan Raja Fahd, Arab Saudi juga menggulirkan liga sepak bola profesional pertama mereka. Sumbangsihnya untuk sepak bola internasional terwujud dalam pergelaran King Fahd Cup, yang terselenggara pada 1992.

Idenya adalah agar tim nasional Arab Saudi bisa merasakan sensasi bertempur di level atas. Diundanglah para juara berbagai konfederasi, yakni Argentina (juara Copa America 1991), Amerika Serikat (juara Piala Emas 1991), dan Pantai Gading (juara Piala Afrika 1992).

Arab Saudi melengkapi daftar kontestan sekaligus berperan sebagai tuan rumah. Turnamen digelar lagi pada 1995. Arab Saudi tetap tampil sebagai penyelenggara. Namun, kompetisi kian ramai karena juara Eropa dan Asia ikut bergabung.

Source : Juara.net

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest