Follow Us

Koin Bertulisan Arab Emang Beneran Ada, Tapi Bukan Berarti Majapahit Kesultanan Islam Lho

Alvin Bahar - Selasa, 20 Juni 2017 | 05:28
Gajah Mada
Alvin Bahar

Gajah Mada

Beberapa hari lalu, trending soal Kerajaan Majapahit yang katanya adalah Kesultanan Islam. Malah, katanya nama asli Gajah Mada adalah Gaj Ahmada.

Wah, bener nggak tuh? Pelajaran sejarah yang kita bahas di sekolah salah dong?

Walaupun belum lama viral, asal-usul dari pemikiran itu berasal dari sebuah buku berjudul Kesultanan Majapahit: Fakta Sejarah yang Tersembunyi karya Herman Sinung Janutama yang dipublikasikan pada tahun 2010 lalu.

Karya itu muncul kembali pada tahun 2014 dengan judul yang dimodifikasi menjadi Fakta Mengejutkan Majapahit Kerajaan Islam.

Salah satu argumen yang diungkapkan dalam buku tersebut adalah adanya koin berwarna emas yang terpatri dengan kalimat syahadat. Koin itu disebut berasal dari era Majapahit.

Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Andi M Said berkata bahwa Majapahit memang memiliki koin yang digunakan sebagai alat pembayaran.

“Iya, itu koin yang digunakan pada saat kerajaan Majapahit. Di semua masa kerajaan Majapahit ada koin sebagai alat tukar,” kata Andi saat dihubungi pada hari Senin (19/6).

Selain koin, Andi berkata bahwa masih ada puluhan peninggalan Majapahit lainnya yang bernuansa Islam di Trowulan. Salah satunya adalah nisan bertuliskan bahasa Arab.

“Tapi bukan berarti Majapahit itu Islam ya. Itu hanya bagian akhir dari Majapahit, saat itu memang pengaruh islam sudah masuk dengan datangnya berbagai pedagang dari Arab, Persia, dan China di akhir masa Majapahit," kata Andi menegaskan.

Baca Juga: Ini Dia Penyebab Banyak Orang Nggak Percaya Sains, Ehem, Yang Percaya Bumi Datar coba Baca Dulu Deh

Dia menceritakan, kehidupan Majapahit saat itu sangat multikultural.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest