Follow Us

Ternyata Di IPB Cowok Nggak Boleh Gondrong Atau Pakai Sandal

Alvin Bahar - Minggu, 18 Juni 2017 | 02:01
Top 5 Best Campus dengan Jurusan Pertanian dan Kehutanan di INDONESIA
Alvin Bahar

Top 5 Best Campus dengan Jurusan Pertanian dan Kehutanan di INDONESIA

Siapa nih yang niat gondrongin rambut pas kuliah nanti?

Well, kalo kamu kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB), kubur aja mimpi gondrongin rambut atau pakai sandal di kampus.

Soalnya, kampus itu punya tata tertib berpenampilan dalam kehidupan kampus.

Peraturan itu jadi diomongin netizen gara-gara di-tweet @RoySimangunsong.

Menarik sekali konsep berpakaian yg benar & tidak di kampus...krn pastinya mempengaruhi pola belajar. pic.twitter.com/HlL7BVai0q

— RoySimangunsong (@roysimangunsong) June 16, 2017

Penasaran, HAI pun cari tau soal hal ini.

Ternyata emang ada keputusan rektor IPB nomor : 09/I3/KM/2010 tentang tata tertib kehidupan kampus bagi mahasiswa di lingkungan IPB.

Di Bab 2, ada kewajiban dan larangan yang harus dipatuhi mahasiswa.

Di bagian larangan, di poin 8 tertulis "berpakaian ketat, transparan, memakai baju tidak berkerah atau berlengan kurang dari dua pertiga panjang dari pangkal lengan, celana pendek, celana tiga per empat, celana koyak, sandal dan sepatu sandal di lingkungan kampus, kecuali untuk kegiatan-kegiatan khusus yang dinilai layak atau dapat diterima seperti pada saat akan melakukan sholat, menjalankan praktikum/penelitian tertentu, dan keadaan khusus lainnya;"

Sedangkan di poin 9, dibahas serba-serbi rambut mahasiswa: "untuk mahasiswa (pria) berambut panjang melewati batas alis mata di bagian depan, telinga di bagian samping atau menyentuh kerah baju di bagian leher atau menggunakan tatanan rambut yang tidak sesuai dengan kelaziman kehidupan kampus (tidak berwarna alami, dikuncir, bergaya “punk” atau “kribo”, dan gaya lain yang tidak sesuai). Khusus untuk mahasiswa (wanita) harus berpakaian tertutup dari leher sampai dengan bawah lutut, dilarang berambut tidak berwarna alami, memakai celana panjang diatas mata kaki, pakaian lebih pendek dari lutut."

Dilihat sisi positifnya aja bro. Anggap aja latihan buat masuk dunia kerja nanti. Ya nggak?

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest