Follow Us

Ternyata Ini Alasan Sebenarnya Para Pelajar Pengen Kuliah Di Luar Kota.

Rizki Ramadan - Senin, 19 Februari 2018 | 13:08
Student Talks
Rizki Ramadan

Student Talks

HAI-online.com - Kuliah di luar kota bagi beberapa orang mungkin menakutkan sekaligus menantang. Jauh dari orang tua dan harus hidup mandiri soalnya emang nggak gampang gengs! Selain harus berhemat dan pinter-pinter menjaga diri, kita juga harus bisa beradaptasi dengan lingkungan dan budaya baru.

Kebanyakan, anak-anak lulusan SMA itu memilih kuliah di luar kota karena keinginan sendiri. Katanya sih pengen jauh-jauh dari orangtua dan biar bisa bebas ngapain aja. Hahaha. Tapi ada juga yang disuruh orangtuanya untuk merantau. Biar lebih mandiri, katanya.

Walaupun ada enak dan nggak enaknya, mereka yang memilih kuliah di luar kota punya alasan yang berbeda. Yuk simak alasan-alasannya!

Nala Alya Faradisa

Televisi dan Film Institut Seni Indonesia

Lulusan SMAN 60 Jakarta

Gue pengen kuliah di luar Jakarta karena gue bosen sama Jakarta. Kalau gue deskripsiin Jakarta dalam satu kata, Jakarta itu ruwet. Terus karena gue pengen kuliah seni, gue merasa lingkungan gue yang di sini nggak mendukung gue untuk berkarya. Gue pengen pindah ke tempat yang lebih tenang, kayak Jogja. Di Jogja udah banyak acara seni dan udah ada universitas yang menawarkan jurusan yang gue mau. Jadi, kenapa enggak?

Enaknya yang pasti dapet uang jajan yang lebih besar, terus bisa wisata ke daerah-daerah lain, mempelajari budaya yang berbeda, dan belajar caranya untuk survive di tempat yang jauh dari keluarga. Nggak enaknya punya tanggung jawab yang lebih besar, harus adaptasi lagi dari awal, terus kalau nggak bisa bahasa daerahnya suka ada miskomunikasi atau ngerasa nggak bisa fit in.

Gue kuliah di luar Jakarta nggak muluk-muluk. Gue berharap akan jauh lebih mandiri, bisa belajar mengatur uang dengan baik, berkarya lebih banyak, dan pastinya ikut banyak acara yang nggak ada di Jakarta"

Helmi Aziz

Matematika - UGM

Lulusan SMAN 2 Tangerang Selatan

"Kuliah di luar kota itu pilihan gue sendiri dan orang tua juga nggak masalah sama pilihan gue yang pengen kuliah di luar kota.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest