Follow Us

Eh, Kenapa Bentuk Bulan Bakal Terlihat Beda di Indonesia Hari Jumat Nanti? Ada Fenomena Alam Apa?

- Senin, 05 Juni 2017 | 07:51
Ilustrasi perbedaan ukuran supermoon dan minimoon
Hai Online

Ilustrasi perbedaan ukuran supermoon dan minimoon

Belum punya acara hari Jumat (9/6) nanti? Jangan sedih, dulu, kalo belum punya acara, bakal ada fenomena unik yang bakal bisa kita pantengin di Jumat malam! Ada fenomena, apa, sih?

Jadi gini, seperti informasi yang dilansir dari Kompas.com, pada 9 Juni 2017 mendatang, Indonesia akan kedatangan minimoon alias bukan kerdil. Fenomena bulan kerdil - kebalikan dari supermoon - itu bisa dilihat pada Jumat malam nanti.

Situs astronomi Earthsky mencatat, jarak bulan pada 9 Juni nanti 406.401 kilometer, 50.000 kilometer lebih jauh daripada saat supermoon pada 25 Mei lalu.

Ukuran bulan jika dibandingkan dengan bulan purnama biasa adalah 7 persen lebih kecil. Sementara bila dibandingkan supermoon 14 persen lebih kecil.

Sinar bulan juga akan lebih redup walaupun sulit untuk disadari. Kurang lebih, peredupan cahaya bulan akibat jarak yang lebih jauh adalah sebesar 15 persen.

Hubungan Bumi dan Bulan Complicated Juga, Yha!
Fenomena minimoon terjadi karena orbit bulan mengelilingi bumi tak berbentuk lingkaran sempurna, melainkan elips.

Orbit berbentuk elips membuat bulan kadang berjarak lebih dekat dan lebih jauh dari bumi, berpengaruh pada ukuran piringannya.

Minimoon tepatnya akan datang pada pukul 20.10 WIB. Jika kita menatap ke langit saat itu, maka saat itulah bulan berada pada titik terjauh.

Bersamaan dengan hadirnya minimoon, Saturnus akan hadir. Sayang, planet itu terlalu redup sehingga harus diamati dengan teleskop.

Tapi jangan sedih, Jupiter juga akan hadir bersamaan dengan minimoon dengan kecerlangan -2,19. Kita bisa melihatnya dengan mata telanjang.

Nah, enaknya ngajak siapa, nih, buat nonton minimoon bareng?

Artikel ini berasal dan tayang pertama kali di Kompas.com dengan judul ”Bulan Juni Ini, Indonesia Akan Kedatangan Minimoon”

Source : kompas.com

Editor : Hai Online

Latest