Follow Us

Nggak Becanda, Ternyata Ada Fobia Terhadap Tawa. Kenali Nih Gejalanya.

Rizki Ramadan - Selasa, 30 Mei 2017 | 12:43
Nggak berani saat maju di kelas juga termasuk fobia sosial
Rizki Ramadan

Nggak berani saat maju di kelas juga termasuk fobia sosial

Kebanyakan dari kita menganggap bahwa tertawa adalah hal yang membahagiakan. Kalau bisa, malah pengen bisa tertawa terus. Apalagi kalau lagi bareng temen-temen.

Tapi nyatanya, ada loh, sebagian orang yang malah sebal bahkan menghindari tertawa. Ya, mereka adalah pengidap Gelotophobia.

Dilansir oleh Reader’s Digest, pengidap fobia ini memiliki ketakutan untuk ditertawakan. Mereka sering mengira setiap tawa yang mereka dengar itu ditujukan untuk mereka, dan bukan sebagai tanda senang, mereka menerima tawa itu sebagai tanda ejekan.

Menurut Psikolog Willibard Ruch, pengidap fobia ini bahkan tetap nggak percaya tuh sama tawa ramah. Semua tawa adalah tawa yang mencela. Tiap kali mendengar tawa, mereka kerap gemetar, marah, bahkan stress.

Bahkan, ada yang sampe menghindari banget loh dia berada di depan orang yang mungkin menertawakannya.

“Orang ini akan selalu menunggu bus berikutnya jika tidak ada kursi di baris terakhir yang kosong. Dia tidak tahan dengan pemikiran bahwa seseorang akan duduk di belakangnya dan tertawa," kata Ruch.

Penyebab utama fobia ini adalah pengalaman diintimidasi. Entah itu saat ia masih kecil atau di masa pertumbuhannya. Pengalaman intimidatif itu membuat mereka takut terhadap tawa.

Sebagaimana fobia lain, Gelotophobia juga bisa disembuhkan, kok. Salah satu terapinya adalah dengan meningkatkan selera humor

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest