Follow Us

Guru Ini Loyal Mengajar Walau Di Sekolahnya Cuma Ada 1 Murid. Alasannya Bikin Tersentuh!

Rizki Ramadan - Kamis, 11 Mei 2017 | 09:16
Tetap mengajar walau satu murid (foto: shanghaiist)
Rizki Ramadan

Tetap mengajar walau satu murid (foto: shanghaiist)

Kualitas seorang guru itu bisa diukur dari loyalitasnya mengajar murid. Nggak peduli apapun yang terjadi dia wajib mengajar, nggak mangkid dari kelas membiarkan murid menghadapi jam kosong. Salah satu guru loyal itu bisa kita temui di film Laskar Pelangi, yaitu bu Muslimah. Murid di sekolahnya sangat sedikit, bahkan sekolah hampir tutup karena quota murid nggak terpenuhi.

Baru-baru ini, ada satu guru lagi yang loyalitasnya dengan pendidikannya udah tingkat Dewa. Guru itu adalah Lui Zhaoming. Pria berusia 58 tahun ini sudah mengajar selama 38 tahun. Dan kini, sekolah tempatnya mengajar, sekolah dasar Thaohoagau di Hubei, Tiongkok, hanya berisi satu murid, yaitu bocah bernama Li Jiangkang. Lui Zhaoming selalu setia mengajar.

setia mengajar walau cuma satu murid (foto: china.org.cn, Cao Zhonghong)
Sebenarnya, sekolah dasar ini punya lebih dari 300 murid dan 30 guru. Tapi,karena penduduk pada pindah ke kota, satu persatu murid pun mengundurkan diri dari sekolah dan ikut pindah bersama orangtuanya. Li, sang murid, tetap sekolah karena orangtuanya bercerai, dan kakek-neneknya memiliki keterbatasan fisik. Tiap hari, Li diantar kakeknya ke sekolah yang berjarak 5 mil dari rumahnya..

Sekolah pun tetap berjalan setiap hari. proses belajarnya pun selayaknya sekolah dasar pada umumnya, setiap hari dari pukul 07.00 hingga pukul 11.00. Kira-kira apa yang membuat sang guru mau tetap mengajar? Zhaoming, percaya bahwa sekolah bisa berkembang lagi.

"Tahun ini hanya ada satu murid, tapi tahun depan kami akan membuka Taman kanak-kanak. Dan memanfaatkan sumber daya berkuliatas yang ada di sekolah, kayak gedung dan komputer," kata Lui Zhaoming

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest