Follow Us

10 Lagu Yang Terinspirasi Novel “The Catcher in The Rye”. Dari Indie Pop, Punk, hingga Rock.

Rizki Ramadan - Rabu, 19 April 2017 | 01:00
Dari mulai Belle and Sebastian, Gun N Roses dan Green Day terinspirasi dari novel terbitan 1951 ini
Rizki Ramadan

Dari mulai Belle and Sebastian, Gun N Roses dan Green Day terinspirasi dari novel terbitan 1951 ini

Novel karangan J.D Salinger yang pertama kali terbit 1951 ini adalah salah satu novel sepanjang masa. Hingga sekarang sudah terjual lebih dari 120 juta buku dan akan terus bertambah.

The Catcher in The Rye bercerita tentang tokoh cowok 16 tahun bernama Holden Caulfield yang merasa hidupnya kacau-balau setelah ia dikeluarkan dari sekolah dan bertengkar dengan teman sekamarnya di asrama yang kencan dengan kasih tak sampainya. Holden lalu pergi luntang-lantung ke satu tempat ke tempat lain. Ia mencari orang yang asik untuk diajak curhat tapi nggak menemukan satu pun yang benar-benar peduli. Holden menjadi pemarah. Ia membenci banyak hal dan kerap mengumpat serta berujar kasar tentang masyarakat yang menurutnya munafik.

Tanpa disangka, novel coming of age ini kemudian memicu banyak aksi besar.

Lupakan sejenak bahwa pembunuh John Lennon sangat terinspirasi dari tokoh Holden untuk melakukan aksinya. Ada baiknya kita melihat bagaimana kisah kegelisahan si remaja berjiwa rebel ini kemudian menginspirasi banyak musisi dalam berkarya.

Green Day – Who Wrote Holden Caulfield?

Track ke-11 album Kerlpunk dari Green Day ini didedikasikan untuk tokoh Holden. Lagu yang ditulis Billie Joe Armstrong saat ia beranjak dewasa ini menunjukkan empatinya terhadap Holden.

Belle and Sebastian – Le Pastie De La Bourgeoisie

Band indie pop bentukan Skotlandia ini juga terinspirasi oleh kisah Holden. Di lagu Le Pastie De La Bourgoisie yang ada di EP 3.. 6.. 9 Seconds of Light rilisan 1997 ada bait lirik yang bunyinya, " Give yourself up to the allure of/Catcher In The Rye."

Screeching Weasel – I Write Holden Caulfield

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest