Follow Us

Jauh Sebelum The Beatles, Band Indonesia Ini Sudah Memukau Dunia dengan Aksi Panggungnya!

Alvin Bahar - Senin, 01 Januari 2018 | 05:45
The Tielman Brothers!
Alvin Bahar

The Tielman Brothers!

Kita semua tau kalo The Beatles itu adalah grup musik asal Liverpool, Inggris, yang digawangi oleh John Lennon, George Harrison, Paul McCartney dan Ringo Starr dan berhasil memukau dunia dengan lagu-lagunya. Mereka terbentuk pada 1960 silam.

Tapi, apakah kamu tau, jauh sebelum The Beatles terbentuk, sebuah band asal Indonesia telah lebih dulu memukau dunia dengan aksi panggungnya?

Yap, The Tielman Brothers, band rock tertua asal Indonesia yang pada tahun 1950-an sudah melanglang buana ke negara-negara di dunia seperti Belanda. Anggota dari grup musik Rock and Roll campur keroncong ini adalah anak dari orang Kupang bernama Herman Tielman dan Flora Lorina Hess.

Jauh sebelum The Beatles dan The Rolling Stones terkenal, mereka sudah lebih dulu menjajaki kaki mereka di tanah Eropa. Bahkan, mereka pernah tampil di Istana Negara, di hadapan Presiden Republik Indonesia pertama, Soekarno.

Sang frontman, Andy Tielman, juga memiliki keunikannya sendiri. Ia berhasil mempopulerkan cara permainan memetik gitar dengan gigi, jauh sebelum Jimi Hendrix dan juga Jimmy Page dari Led Zeppelin.

Apalagi aksi panggung yang selalu mereka tampilkan. Mulai dari lompat-lompatan, Andy yang berdiri di atas contra bass, lalu sang drummer, Loulou Tielman, yang suka main drum sambil berjalan-jalan, guling-gulingan, pokoknya menghibur banget!

Sebagai orang Indonesia, kita harus bangga dengan The Tielman Brothers. Bayangin aja, grup music sebesar The Beatles ternyata masih ada pendahulunya, yakni The Tielman Brothers!

Usut punya usut, The Beatles pernah nonton mereka manggung, lho! Tepatnya di Jerman.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest