Follow Us

Di Sekolahmu Ada Guru Yang Bocorkan UN? Segera Laporkan! Pak Menteri Akan Memecatnya.

Rizki Ramadan - Kamis, 06 April 2017 | 11:00
Mendikbud, Muhadjir Effendy
Rizki Ramadan

Mendikbud, Muhadjir Effendy

Penyelenggaraan ujian nasional itu emang selalu penuh kontroversi. Dari tahun ke tahun, bocoran soal atau kunci jawaban selalu aja nyebar. Pelakunya macem-macem, ada yang dari pihak bimbel, ada juga yang dari pihak guru. Bahkan, baru-baru ini ada tuh guru yang ketahuan menjual bocoran USBN dengan harga Rp 25.000 per pelajaran. Duh!

Nah, kalau di sekolahmu ada guru yang seperti itu. Kamu jangan takut dibilang pengadu, laporkan saja kasus itu ke pihak berwajib.

Pasalnya, Pak Menteri Muhadjir Effendy udah berjanji bakal memecat langsung guru yang kedapatan membocorkan UN.

"Jangan sampai, demi kebaikan karirnya sendiri ada guru yang membocorkan soal kepada murid. Kalau ada yang melakukan seperti itu langsung saya pecat," tegas Muhadjir kepada Tribun News Minggu (2/4) lalu.

Beliau juga bilang bahwa tindakan tegas ini dilakukan demi kebaikan pendidikan Indonesia. Kecurangan seperti itu justru akan mencelakan para murid.

"Hal itu justru membuat mental generasi muda kita cacat. Selain itu tidak boleh ada guru yang karya ilmiahnya mengandung kecurangan," tegasnya lagi.

Para guru melakukan kecurangan ini bisa jadi karena dua motif. Pertama, karena memang ia ingin mendapatkan keuntungan sendiri. Kedua, ia ingin murid di sekolahnya bisa mendapat nilai yang baik sehingga rating sekolah pun meningkat atau senggaknya, nggak jelek-jelek amat.

Pokoknya, apapun motifnya, ya tetap aja kecurangan itu mesti dihindari

Editor : Rizki Ramadan

Latest