Follow Us

Nggak Mau Kalah Dari Dubai, Singapura Juga Bakalan Punya Taksi Terbang!

Dimas Yulian - Rabu, 29 Maret 2017 | 12:00
Singapura Bakalan Punya Taksi Terbang
Dimas Yulian

Singapura Bakalan Punya Taksi Terbang

Saat di Indonesia kemacetan dan kisruh taksi online masih jadi masalah di beberapa daerah, Singapura justru udah bikin alternatif transportasi baru yang jauh lebih canggih dan futuristik. Layaknya film-film fiksi ilmiah, Singapura bakalan punya taksi komersil yang bisa terbang!

Bukan sekedar khayalan dan gagasan belaka, rencana ini bahkan udah masuk dalam agenda Kementrian Transportasi Singapura lho. Seperti dikutip New York Post dari SIngapure Bussines Times, Menteri Transportasi Singapura bahkan udah mulai bernegosiasi dengan beberapa perusahaan teknologi buat mulai uji coba taksi yang bentuknya lebih menyerupai sebuah drone raksasa ini buat ngambil dan nganter penumpang.

Volocopter VC200
Yang lebih canggih, taksi ini nanti rencananya bakalan dioperasiin layaknya taksi online yang ada saat ini. Di mana konsumennya nanti bakalan pake skema atau sistem ­e-hail. Jadi penumpang nanti tinggal order taksi terbang lewat smartphone, dan taksi bakalan dateng jemput. Kayak model Go-Jek gitu deh.

Ehang 184
Saat ini seenggaknya ada tiga taksi drone yang dipertimbangkan bakalan di pake di Singapura. Mulai dari Hoversurf Scorpion buatan startup dari Rusia, Volocopter VC200 dari perusahaan Jerman, E-Volo. Hingga model buatan China, EHang 184. Sebelum Singapura, negara kaya Dubai juga sempet memperkenalkan Ehang 184 sebagai taksi terbang yang kabarnya mulai akan beroperasi musim panas ini.

Pang Kin Keong, Sekretaris Kementrian Transportasi Singapura bilang kalo negaran ini nantinya bakalan punya berbagai transportasi canggih di tahun 2030 nanti. Selain taksi terbang, Singapura juga bakalan punya Bus Otonomos yang rutenya bisa berubah sesuai keinginan penumpang. “Pada 2030, transportasi udara juga akan jadi sarana mobilitas di perkotaan”, kata Pang.

Indonesia kapan nyusul nih?

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest