Follow Us

Main Yuk ke Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Paling Instagrammable di Belitung. Biayanya Murah Kok!

Alvin Bahar - Rabu, 29 Maret 2017 | 06:00
Source: traveliday.com
Alvin Bahar

Source: traveliday.com

Tahun kemarin, Tanjung Kelayang terkenal karena jadi salah satu spot terfavorit buat nonton Gerhana Matahari Total. Padahal, daerah ini punya pantai yang indah banget lho. Ditambah juga, biaya mampir ke sana terjangkau banget!

Mengutip Traveloka, harga tiket dari Jakarta menuju Pangkal Pinang, sekitar Rp. 400 ribu hingga yang mahal cuma Rp. 2 juta. Nah, sampai di sana nggak perlu takut gimana cara berwisata, karena pas nyampe Bandara Depati Amir Pangkal Pinang, kita bakal disambut sama banyak mobil travel. Kalo orang Bangka sih nyebutnya taksi. Harga naik mobil travel sekitar Rp. 60 ribu hingga 100 ribu. Kalo menurut kamu kemahalan, bisa juga kok naik angkot atau taksi biasa.

Sesampainya di Pantai Tanjung Kelayang yang berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung, kita bisa jalan kaki menyusuri pantai serta mendaki batuan granit yang seakan terlihat berjejer di pinggir pantai. Instragammable abis deh!

Pantai yang satu ini emang seringkali dilewatkan sih. Tanjung Kelayang biasanya menjadi semacam pelabuhan tak resmi bagi perahu-perahu motor sewaan yang membawa wisatawan menjelajahi pulau-pulau kecil Belitung. Jaraknya dekat dengan kota Tanjung Pandan, ibu kota Belitung. Hanya sekitar setengah jam perjalanan darat. Rumah-rumah kayu penduduk setempat menjadi pemandangan umum sepanjang perjalanan itu.

Sumber: Tempatwisatamu.com
Sampai di Tanjung Kelayang, pasir putih tampak merajai pantai. Garis pantainya yang panjang membuatnya menjadi arena berjalan kaki santai yang menyenangkan. Tekstur pasir yang begitu lembut menjadikan kawasan ini juga enak untuk berjemur. Duuuh!

Gradasi warna air laut yang bening tampak memukau. Warnanya tuh kehijauan yang dangkal, lalu perlahan-lahan menjadi warna biru gelap! Beningnya laut membuat banyak pengunjung nggak segan-segan nyebur ke dalam laut, sekedar melayang-layang alias berenang kecil di tepian.

Bentuk pantai ini adalah semenanjung. Tepat di ujung tanjung, tampak bebatuan granit khas Belitung. Naik aja ke atas untuk melihat seluruh panorama Tanjung Kelayang. Di kejauhan bakal tampak pulau-pulau kecil yang mengelilingi Belitung. Ke sinilah biasanya wisatawan pelesir. Mereka nyewa perahu yang berlabuh di Tanjung Kelayang. Sebuah warung sederhana dengan kamar mandi kecil seakan menjadi pos tak resmi.

Kalo emang kamu mau nyeberang keliling pulau di Perairan Belitung, tarif menyewa kapal di sini ya cukup lumayan, sekitar Rp. 400 ribuan. Soalnya tarif sewanya bukan per orang namun per kapal. Namun sebenarnya worth juga karena harga segitu adalah biaya sewa seharian.

Soal penginapan? Jangan takut, bos. Daerah ini emang lagi hits banget kok. Melansir dari Traveloka, ada banyak banget hotel di sini, harga termurahnya aja Rp. 90 ribuan semalam! Selain itu, memang banyak turis asing ke sini karena menurut mereka Bali terlalu ramai. Sementara Belitung relatif sepi, harga-harga sangat terjangkau, pendudukya ramah, dan jaraknya dekat dari Singapura.

Nah, udah punya destinasi liburan berikutnya kan? Jangan lupa pamerin di Instagram kamu ya!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest