Follow Us

Ini Dia Mobil Kepresidenan Indonesia Dari Masa Ke Masa. Ada Yang Pernah Mogok Juga Nggak Ya?

Dimas Yulian - Kamis, 23 Maret 2017 | 12:30
Mobil Buick 8
Dimas Yulian

Mobil Buick 8

Beberapa waktu lalu mogoknya mobil Kepresidenan Presiden Joko Widodo saat sedang dalam perjalanan di Kalimantan Barat sempat jadi bahan perbincangan netizen di dunia maya. Karena insiden ini, publik juga jadi tau kalo ternyata Indonesia tercatat punya delapan mobil kepresidenan, yang salah satunya sedang dipinjam oleh Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono.

Setelah tau mobil Presiden Jokowi yang mogok, jadi penasaran nggak sih sama mobil kepresidenan yang pernah digunakan oleh para Presiden Indonesia sebelom Jokowi? Kira-kira ada yang pernah mogok juga nggak ya? Seperti dkutip dari Kompas.com. ini dia mobil Kepresidenan Indonesia dari masa ke masa.

Buick 8 dan DeSoto 1942

Buick 8 Soekarno
Buick 8 adalah mobil kepresidenan pertama yang digunakan oleh pemimpin Indonesia. Mobil ini, konon adalah mobil yang terbagus yang ada di Jakarta saat itu. Mobil ini adalah mobil tipe Limited-8, mobil utama Buick yang dikeluarkan pada tahun 1939 dengan kapasitas mesin 320 ci atau setara dengan 5247 cc.

Selain mobil Buick 8, mobil dinas Soekarno antara lain Cadillac 75, Mercedes-Benz 600, GAZ 13, Zil 111, Lincoln Cosmopolitan dan Chrysler Imperial yang merupakan hadiah dari Raja Arab Saudi. Sedangkan Wakil Presiden pertama Indonesia, Mohammad Hatta, punya mobil dinas DeSoto keluran tahun 1942 yang merupakan hadiah dari pengusaha sukses, Djohan Djohor.

Mercedes-Benz 500 SEL Limousine 1987

Mercedes-Benz 500 SEL Limousine 1987
Mobil ini digunakan oleh Presiden Soeharto yang disebut-sebut memiliki kesamaan spesifikasi keamanan setaraf dengan mobil dinas Presiden Bill Clinton dan Ratu Elizabeth II. Mobil buatan Jerman dengan tipe mesin M1117.963 ini dilengkapi dengan mesin delapan silinder berkapasitas 5.0 L. Sedangkan kecepatan maksimumnya bisa mencapai 220 Km/jam. Mobil ini juga dilengkapi dengan baja dan platina hitam yang tahan terhadap serangan peluru, mortar, dan guncangan.

Mercedes-Benz S600 1994

Mercedes-Benz S600 1994
Ini adalah mobil yang digunakan oleh lima Presiden Indonesia. Mulai dari Sooeharto di akhir jabatannya, Habibie, Gus Dur, Megawati, hingga Susilo Bambang Yudhoyono di awal pemerintahannnya. Mobil ini adalah pengganti Mercedes-Benz 500 SEL tahun 1987 yang digunakan Soeharto sebelumnya. Mobil ini dipake resmi pada tahun 1995 yang diklaim punya spesifikasi yang nggak kalah dari pendahulunya.

Mercedes-Benz S600L 2008

Mercedes-Benz S600L 2008
Mobil ini digunakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di periode keduanya sebagai Presiden Indonesia. Mobil ini memiliki lisensi perlindungan B6/B7 yang merupakan standar proteksi keamanan tertinggi di sebuah mobil. Nggak hanya itu, mobil ini juga mampu menahan tembakan dari senapan hingga serpihan ledakan bom. Memilik mesin 12 silinder turbo, mobil ini memiliki tenaga hingga 517 dk dan dilengkapi dengan berbagai fitur yang canggih.

Mercedes-Benz S600 Pullman Guard

Mobil Presiden Jokowi
Mobil ini adalah mobil dinasi yang digunakan oleh Presiden Jokowi dan diklaim sebagai mobil teraman yang dipasarkan di seluruh dunia. Mercedes S600 Pullman Guard yang digunakan oleh Jokowi dibuat dengan material anti peluru berstandar Eropa B6/B7 yang bisa nahan tembakan senjata ringan, granat tangan, dan bahan peledak ringan.

Sebagai kendaraan khusus kepresidenan, mobil buatan tahun 2008 ini juga dibekali dengan mesin 6.000 CC V12 dengan 525 tenaga kuda. Bahkan kalo bannya kemps atau bocor, mobil ini masih bisa berjalan hingga 60 kilometer. Asal jangan sampe mogok lagi aja ya pak, hehe.

Editor : Hai Online

Latest