Follow Us

Gara-gara Kebijakan Baru, 4 Pemain Internasional Ini Bisa Nyusul Essien Main Di Indonesia

Dimas Yulian - Kamis, 23 Maret 2017 | 06:00
Kevin Grosskreutz (dua dari kanan) ketika berhasil menjuarai Piala Dunia 2014 bersama Timnas Jerman
Dimas Yulian

Kevin Grosskreutz (dua dari kanan) ketika berhasil menjuarai Piala Dunia 2014 bersama Timnas Jerman

Ada kebijakan baru di kompetisi Liga 1 Indonesia musim ini. PSSI punya aturan baru terkait dengan marquee player atau pemain yang berstatus bintang dunia. Akan tetapi ada sejumlah batasan buat pemain yang bisa masuk di kategori ini. Seperti harus berumur di bawah 35 tahun, serta seenggaknya pernah bermain di Piala Dunia atau salah satu dari delapan liga elite dunia.

Salah satu contohnya adalah Michael Essien yang berhasil dikontrak Persib Bandung. Gelandang Timnas Ghana ini masih berumur 33 tahun, bermain di klub papan atas dunia, dan pernah bermain di Piala Dunia.

Persib tentunya sangat terbantu karena status Essien yang berstatus tanpa klub, sehingga tim ini nggak perlu ngeluarin duit buat transfer sang pemain. Nah, hal inilah yang bikin kebijakan marquee player jadi lebih sulit.

Nggak mudah buat cari pemain yang punya kriteria seperti Essien tapi berstatus bebas transfer. Karena itu, seperti dikutip dari Kompas.com, ini dia empat pemain yang sesuai dengan kriteria marquee player PSSI tapi sedang berstatus bebas transfer:

Kevin Grosskreutz

Kevin Grosskreutz
Mantan bintang Borussia Dortmund ini sekarang masih berusia 28 tahun, umur yang terhitung masih sangat produktif buat pemain sepak bola. Grosskreutz nggak cuma pernah bermain di Piala Dunia, tapi juga berhasil menjuarai turnamen empat tahunan itu bersama Timnas Jerman pada tahun 2014 lalu.

Menurut Transfermarkt, harga Grosskreutz di pasaran mencapai 1,25 juta euro atau setara dengan Rp 17,9 Milliar. Hanya selisih 400.000 Euro lebih mahal dari Michael Essien. Karena berstatus tanpa klub, tim yang ingin merekrut doi juga nggak perlu ngeluarin duit buat transfer. Akan tetapi, pemain yang diputus kontraknya dari Stuttgart pada Februari lalu karena terlibat perkelahian ini, belom tentu mau main bola lagi dalam waktu dekat.

“Saya tidak ingin menjalani segala hal yang berhubungan dengan sepak bola saat ini”, katanya ketika itu.

Oleg Gusev

Oleg Gusev
Mantan pemain Timnas Ukraina di Piala Dunia 2006 ini udah kenyang pengalaman di kancah sepak bola Eropa. Meski nggak bermain di liga lima besar Eropa, tapi Gusev tercatat udah sempet bermain di Liga Champions dan Liga Europa bersama dengan Dynamo Kyiv. Umur doi juga masih 33 tahun, sama dengan umur Essien saat ini. Harganya pun nggak terlalu mahal, karena ‘hanya’ di angka 1 Juta Euro. Akan tetapi namanya yang kurang dikenal oleh publik di Indonesia diragukan bakalan mendongkrak semarak Liga 1.

Lassana Diarra

Lassana Diarra
Saat ini Diarra masih tercatat sebagai pemain bebas transfer termahal yang ada di pasaran. Harganya mencapai 5 juta euro! Bisa dimaklumi sih, Diarra udah pernah main di berbagai klub besar dengan reputasi yang nggak kalah kerennya seperti Chelsea, Arsenal, hingga raksasa Spanyol, Real Madrid. Diarra juga tercatat pernah bermain bersama Timnas Prancis selama 34 kali, meskipun bukan di ajang kompetisi resmi seperti Piala Dunia.

Julio Baptista

Julio Baptista
Nah pemain yang satu ini pasti cukup familiar buat kamu. Pemain yang pernah bermain buat Timnas Brasil di Piala Dunia 2010 ini, udah pernah bermain di klub-klub besar seperti Real Madrid, Arsenal, Sevilla, hingga AS Roma. Bahkan harganya pun nggak jauh beda dengan Essien, karena ada di angka 750.000 Euro, jadi bisa dibilang masih terjangkau klub di Indonesia. Hanya saja umur Baptista akan menginjak 36 tahun pada Oktober nanti. Jadi, harus cepet-cepet nih!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest