Follow Us

Unik, Semua Air Di Kota Ini Berubah Jadi Warna Pink! Kok Bisa Ya?

Dimas Yulian - Kamis, 09 Maret 2017 | 12:30
Air di Kota Onoway, Kanada
Dimas Yulian

Air di Kota Onoway, Kanada

Pernah kebayang nggak sih lagi mau mandi atau ngebuka keran di wastafel, tapi yang keluar justru air berwarna pink? Nggak lagi bercanda atau nge-prank seseorang nih, soalnya kejadian ini beneran ada loh di dunia nyata! Nggak hanya ada di film-film horor, air dari kran yang berubah warna ternyata juga dialami oleh warga Onoway, Kanada. Semua air di kota ini berubah jadi warna pink! Terus apa ya sebabnya?

Fenomena unik ini diduga disebabkan oleh kesalahan dalam instalasi sistem kelola dan distribusi air oleh pemerintah setempat. Onoway merupakan sebuah kota kecil di Provinsi Alberta, Kanada yang punya penduduk sekitar 1.000 jiwa. Insiden ini sendiri dilaporkan pada awal minggu ini, saat para warga kota Onoway menyadari kalo ada perubahan warna air yang biasa mereka gunakan sehari-hari berubah jadi pink.

Para warga pun kemudian beramai-ramai ngeupload foto kejadian unik yang mereka alami tersebut di media sosial. Menanggapi hal ini, Selasa (7/3) lalu, Wali Kota Onoway, Dale Krasnow lewat situs resmi kota juga udah nyatain permintaan maafnya terkait keterlambatan tanggapan atas situasi air yang berubah ini, seperti dikutip dari Buzzfeed.

Salah satu foto unggahan di Twitter
Krasnow juga bilang kalo dirinya udah minta insiden ini diinvestigasi. Akan tetapi di sisi lain, Krasnow juga bilang kalo perubahan air ini nggak membahayakan buat dikonsumsi.

“Kami masih mengkaji tapi tampaknya air berubah warna karena ada sebuah katup yang nggak tertutup dengan rapat dan bikin Kalium Permanganat mengalir masuk ke dalam wadah penampungan air kami. Hingga akhirnya terbawa ke sistem distribusi air ke rumah-rumah di kota,” tulisnya.

Air di Kota Onoway, Kanada
Lisa Schulte, salah satu penduduk di Kota Onoway bilang kalo dirinya awalnya juga khawatir ketika pertama kali ngeliat perubahan air jadi berwarna pink. Lisa pun segera bergegas buat ngehubungin kantor pemerintah kota demi nyari tau apa yang terjadi. “Mereka meyakinkan bahwa airnya sehat dan aman”, kata Lisa.

Setelah merasa semuanya baik-baik aja, Lisa bahkan juga nekat bikin kopi dari air yang berwarna pink ini. “Rasanya nggak terlalu berbeda, walaupun berwarna pink” katanya.

Meskipun begitu sejumlah media lokal ternyata banyak mencatat bahwa banyak penduduk kota yang meragukan kebersihan air tersebut dan tetap memilih buat nggak mengonsumsinya buat sementara. Ada-ada aja ya.....

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest