Follow Us

Kata Pelajar SMA, Ini Pro-Kontra Pemasangan CCTV Di Sekolah

Rizki Ramadan - Selasa, 07 Maret 2017 | 06:30
students talks - cctv
Rizki Ramadan

students talks - cctv

Pengawasan itu memang diperlukan, tapi, kalau sampai tiap detik dilakukan, kadang jadi gerah juga. Bukannya merasa aman, pengawasan berlebih kerap bikin kita nggak nyaman. Setuju nggak? Isu tentang pengawasan selalu muncul ketika sekolah kita tiba-tiba dipasangin CCTV. Biasanya, di ruangan bagian Kesiswaan dan Kepala Sekolah seluruh rekaman bisa dipantau lewat teve besar di sana.

Niat awalnya sekolah masang CCTV ini macem-macem. Ada yang atas nama keamanan, ada juga yang biar lebih mudah mengawasi warga sekolahnya. Di kalangan siswa, keberadaan CCTV membawa perubahan. Saat ulangan, yang tadinya cuma diawasi sama pengawas, sekarang jadi diawasi sama kamera. Yang biasanya nanya sama temen di sebelah gampang-gampang aja, sekarang jadi takut karena diliatin CCTV. Hehe. Temen-temen di kelas pun pada jaim, kalau sebelumnya suka pada rame ketawa-ketawa mulu, sekarang jadi lebih diem dan lebih rajin nyatetin materi yang diterangin guru.

Nah! Itu tuh, beberapa dampak dari CCTV yang dipasang di berbagai sudut di sekolah. Atau mungkin di setiap kelas, ruangan dan tempat ada! Hm, berasa jadi buronan di film-film action gitu ya.

Kalau kata temen-temen HAI, gimana nih soal CCTV yang dipasang di sekolah? Kuy kita simak jawaban-jawaban dari mereka!

IKA DIAH NURAINI – SMAN 1 PATI

Sekolah dipasang CCTV baru-baru ini. Aku setuju nggak setuju, sih. Setuju karena jadi nggak bebas. Mau ngapa-ngapain mikir dulu kalau ada yang liat gitu. Padahal SMA, apalagi kelas XI kan masa enak-enaknya mengeksplorasi, yah. Hehe. Tapi aku setuju juga, karena bisa mencegah anak-anak yang mau berbuat seenaknya. Bolos ke kantin waktu jam pelajaran, misalnya.

DEA SELVIA EKA PUTRI – SMA KHARISMA BANGSA

Sekolahku dipasang CCTV sejak sering terjadi kehilangan barang berharga dan sejak kelas cowok-cewek dipisah. Mungkin, mencegah biar nggak ada yang menyelinap. Aku sih, nggak setuju karena nggak suka terus-terusan dipantau, jadi nggak leluasa mau melakukan apa pun di kelas. Tapi ada baiknya, sih, jadi tau kenapa ada barang yang ilang.

Lucunya, setelah ada CCTV, temen-temen di kelas jadi pada narsis di depan CCTV gitu. Dan malah jadi makin kacau, hehe. Tapi seru, sih.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest