Follow Us

Menurut Penelitian, Basist adalah Anggota Terpenting di Sebuah Band

Rizki Ramadan - Sabtu, 25 Februari 2017 | 12:30
Bassist Red Hot Chili Peppers Akan Rilis Solo EP
Rizki Ramadan

Bassist Red Hot Chili Peppers Akan Rilis Solo EP

Ada, lho, tipe orang yang nganggep kalau posisi basist di sebuah band itu nggak begitu berguna. Apalagi karena suara bass tuh nyaru. Nggak begitu kedengeran di banding instrumen lain. Nah, untuk lo yang masih mandang sebelah mata, lo perlu tahu bahwa menurut penelitian, justru suara bass tuh punya peran penting ketika kita mendengarkan musik.

Berdasarkan studi Proceeding of The National Academy of Science, kita bisa tanggap dengan perubahan dari satu bagian ke bagian lain di musik, karena mengandalkan nada rendah bas, alih-alih mengandalkan nada tinggi instrumen lain.

Tim penelitian yang diketuai oleh Laurel Trainor dari Universitas McMaster di Kanada juga bilang kalau otak kita lebih bisa menebak kesalahan jika di nada rendah. Penelitian itu diperkuat dengan penggunaan alat khusus, yaitu EEG (Electro Encephalo Graphy), untuk melihat reaksi otak terhadap beragam not.

Lalu, penelitian lainnya juga membuktikan bahwa mendengarkan musik dengan suara bass yang menonjol juga terbukti bikin kita lebih bersemangat dan percaya diri, lho.

Yoi, lo yang sekarang di band dan jadi bassist, boleh, lho, berbangga hati.

Lagu dengan bass yang menonjol apa yang paling lo sukai? Share di kolom komentar boleh, lho.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest