Follow Us

Instagram Kamu Tiba-tiba Follow Akun Nggak Dikenal? Lakukan Langkah Ini

Rizki Ramadan - Kamis, 13 Juli 2023 | 15:08
Dua akun di Instagram
Rizki Ramadan

Dua akun di Instagram

Sebutlah Marik, cowok yang tadi pagi sebangunnya dari tidur membuka Instagramnya lalu melihat InstaStory dari temen-temennya. Satu persatu tayangan ia tonton lalu swipe ke kiri. Sampai akhirnya ia mendapati video cewek bule berbaju senam sedang angkat-angkat barbel di sebuah gym. Bukan iklan, bukan juga teman, itulah mengapa Marik heran.

"Perasaan gue nggak follow orang ini dah," celetuknya sambil bangkit dari kubur kasur.

Lalu ia cek halaman profil dan menengok daftar following-nya. Marik makin kaget. Ada sekitar 20 nama-nama asing yang foto profilnya muka-muka bule yang ia follow tanpa sadar.

"Anj*r, akun gue di-hack apa gimana nih?"

Ya, celakanya, kejadian itu nggak cuma dialami Marik. Kalau dicari di Google pun uda banyak pengguna Instagram yang ngeluh masalah following di Instagramnya. Bahkan ada yang kasusnya mirip-mirip, yaitu akun IGnya di-follow oleh banyak akun bule yang isi kontennya pun nggak jelas gitu deh.

Disebabkan Aplikasi Pendukung

Selidik punya selidik, kejadian ini bukan karena password kita bocor, atau karena hape kita dicipet diem-diem cuma sama bule yang pengen angka followers-nya nambah itu. Masalah ini terjadi disebabkan oleh aplikasi pendukung (third-party) Instagram yang kamu instal dan pakai.

Coba cek deh, apakah kamu pernah pake aplikasi untuk regram, untuk edit foto yang bisa langsung upload ke akun IGmu, atau menggunakan aplikasi penghubung media sosial lainnya? Nah, itulah penyebabnya. Tanpa kita sadari, mereka minta tuh tenyata mengambil akses untuk follow orang-orang juga. Pada nggak ada yang pernah baca Terms and Agreement, kan, tiap install aplikasi?

Cara Mengatasinya Gampang Kok

Caranya adalah dengan mengecek lagi aplikasi-aplikasi third party yang minta akses ke akun IG kamu itu. Untuk mengetahuinya kamu perlu buka Instagram versi web. Buka Instagram.com di browser laptop kamu, deh. Setelah log in, lakukan ini:

Ke halaman profilmu (kilk icon profil di sudut kanan atas). Lalu masuk ke menu Edit Profil.

  • Pilih menu Authorized Application
  • Cek lagi aplikasi apa saja yang terhubung dengan akunmu. Bacai permission apa yang mereka minta dari kita.
  • Kalau kamu nggak ngerasa aplikasi itu penting, maka hentikan aksesnya. Klik Revoke Access.
  • Cek lagi following kamu beberapa hari ke depan. Seharusnya sih udah nggak nambah.
Gitu, bro. Selamat dicoba!

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest