Follow Us

3 Pesepakbola Ini Kariernya Berantakan Gara-gara Dipenjara

Alvin Bahar - Selasa, 14 Februari 2017 | 12:00
Adam Johnson
Alvin Bahar

Adam Johnson

Siapapun tentu nggak akan ada yang mau jadi penghuni tetap sebuah penjara. Masuk ke sana, berati harus bersiap dikaitkan dengan konotasi negatif sebagai penjahat. Melihat penjelasan tersebut, jelas nggak heran dong, kalo beberapa pemain bola berikut ini, kariernya langsung hancur berantakan gara-gara masuk penjara. Ya, mereka terbukti melakukan pelanggaran hukum. Cap sebagai narapidana pun, secara nggak langsung mempengaruhi karier mereka di dunia sepak bola. Mau tau kan, siapa aja sih pemain bola yang dimaksud? Daripada makin penasaran, yuk simak bareng-bareng ulasannya.

1. Ched Evans

Pemain yang satu ini merupakan alumnus akademi Manchester City. Debut karier profesionalnya pun juga dimulai bersama The Citizen. Selanjutnya, Ched Evans nampak memiliki daya tarik tersendiri bagi tim-tim kasta kedua Liga Inggris. Sheffield United jadi tim yang merasakan betul bagaimana kemahiran Evans dalam mengolah si kulit bundar. Untuk level internasional, Evans membela timnas Wales dari berbagai jenjang umur, mulai dari level junior hingga tim senior. Namun, karier Evans langsung hancur berantakan, lantaran dirinya terbukti melakukan pemerkosaan terhadap seorang wanita berusia 19 tahun pada 29 Mei 2011 lalu. Evans pun diceploskan ke penjara akibat perbuatannya tersebut. Setelah menjalani setengah masa hukumannya, Evans dibebaskan dan kembali bisa melanjutkan kariernya sebagai pesepak bola. Sayangnya, klub yang dibelanya sebelum masuk penjara, Sheffield United, nggak mau menerima kembali kehadiran Evans. Kini, Evans hanya bermain untuk klub kasta ketiga di Inggris, Chesterfield. Andai ia nggak masuk penjara, mungkin Evans bisa bermain untuk klub yang lebih hebat ketimbang Sheffield United. 2. Lee Hughes

Pemain yang satu ini, kariernya bisa dibilang cukup lumayan bersama West Bromwich Albion. Namun, pada 2004 silam, Lee Hughes harus menerima kenyataan bahwa dirinya diceploskan ke penjara. Ia terbukti mengemudi secara ugal-ugalan dan menyebabkan kecelakaan yang menewaskan orang lain. Hughes pun terpaksa jadi penghuni bui selama enam tahun.

Setelah bebas, karier sepak bola Hughes merosot drastis. Klub lamanya, West Bromwich, memecatnya sebagi pemain. Ia pun terpaksa melanjutkan kariernya bersama tim-tim burem. Bahkan, kini Hughes bermain untuk Worcester City, tim dari kasta keenam di persepak bolaan Inggris. 3. Adam Johnson

Mungkin Adam Johnson harus sangat berterimakasih kepada Roberto Mancini. Kala itu, Mancini yang masih mengarsiteki Manchester City, dengan bangganya memboyong Johnson dari Middlesbrough ke Etihad Stadium. karier Johnson pun terbilang cukup cemerlang. Pemain berkaki kidal tersebut, langsung jadi andalan The Citizen dan kerap kali juga jadi andalan di timnas Inggris.

Pada 2012 lalu, Johnson akhirnya meninggalkan City dan hijrah ke Sunderland. Namun, setelah empat musim membela Sunderland, karier Johnson langsung hancur berantakan lantaran dirinya terlibat dalam kasus kriminal. Ya, Johnson terbukti melakukan pencabulan terhadap gadis di bawah umur. Ia pun harus menjalani masa kurungan penjara selam enam tahun. Kini, Johnson masih menjalani tahun kedua dari masa hukumannya. Andai bebas nanti, Johnson mungkin akan kesulitan mendapatkan klub baru. Sebab, Sunderland telah memecatnya dari daftar pemain, klub tersebut juga ogah menerima kembali kehadiran Johnson. (Tomy)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest