Follow Us

Kebal Hukum Hingga Punya Mesin ATM Pribadi, Ini Dia 5 Hak Istimewa Yang Dimiliki Ratu Elizabeth

Dimas Yulian - Jumat, 10 Februari 2017 | 10:00
Ratu Elizabeth
Dimas Yulian

Ratu Elizabeth

Inggris adalah salah satu negara yang cukup populer buat anak muda. Negara ini terkenal memiliki kultur sepak bola dan musik yang sering dijadikan rujukan dari berbagai negara lainnya di dunia. Yang istimewa dari Inggris, bukan cuma dua hal yang baru aja HAI sebutin tadi. Sang pemimpin, Ratu Elizabeth, juga punya beberapa hal istimewa yang nggak kepikiran.

Yang menarik, hak istimewa yang dimiliki Ratu Elizabeth sedikit berbeda dengan pimpinan negara pada umumnya. Seperti dikutip dari Intisari-online, ini dia 5 hak istimewa yang dimiliki Ratu Elizabeth:

Nyetir Tanpa SIM

Buat orang biasa, Surat Izin Mengemudi atau SIM mutlak dibutuhkan buat mengendarai kendaraan di jalan raya. Ini berlaku buat semua orang terlepas dari statusnya, mulai dari warga biasa hingga Presiden sekalipun. Akan tetapi Ratu Elizabeth berbeda. Ratu Elizabeth adalah satu-satunya orang di Inggris yang nggak perlu SIM buatnyetir dan plat nomor buat mobilnya! Hal ini disebabkan karena Ratu Elizabeth memang memiliki kekebalan hukum ketika berada di wilayah Inggris. Berani nilang?

ATM Pribadi

Sebagai ratu yang hidup di istana, Ratu Elizabeth tentunya nggak mungkin pergi ke luar buat sekedar ngambil uang di ATM. Karena itulah di Istana Buckingham Palace tempatnya tinggal terdapat ATM pribadi yang khusus ditujukan buat sang ratu. ATM pribadi ini sendiri berada di bawah tanah Istana, dan dipasang oleh Bank bernama Coutts.

Bebas Paspor

Buat berpergian ke luar negeri, passpor adalah salah satu syarat yang mutlak harus dipenuhi. Akan tetapi Ratu Elizabeth berbeda. sang Ratu diketahui sama sekali nggak memiliki paspor. Meskipun begitu, semua anggota keluarga kerajaan Inggris yang lainnya tetap memiliki paspor. Ratu Elizabeth sendiri nggak perlu memiliki paspor karena pada dasarnya semua paspor yang ada di Inggris diterbitkan dalam nama Ratu Elizabeth. Pantesan!

Kebal Hukum

Di Inggris, Ratu Elizabeth adalah sosok yang kebal terhadap hukum. Dengan demkian ia nggak bisa dituntut oleh siapapun. Ratu dan seluruh anggota kerajaan Inggris juga memiliki hak khusus bernama Freedom of Information. Hak itu artinya mereka semua nggak wajib memberikan informasi pada siapapun. Jadi, jika mereka memilih buat nggak memberikan informasi, maka masalah juga nggak bisa diperpanjang.

Bebas Pajak

Setiap penduduk suatu negara pastinya nggak terlepas dari kewajiban membayar pajak. Akan tetapi, Ratu Elizabeth berbeda. Ia dibebaskan buat nggak perlu membayar pajak seperti warga negara pada umumnya. Akan tetapi secara sukarela Ratu Elizabeth tetap membayarkan pajaknya sejak tahun 1992 lalu. Salut!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest