Follow Us

Pengen Kuliah di Selandia Baru? 5 Hal Ini Jangan Sampe Lewat!

- Jumat, 10 Februari 2017 | 03:00
Mencari kualitas pendidikan tinggi, Kuliah di Selandia Baru bisa jadi pilihan
Hai Online

Mencari kualitas pendidikan tinggi, Kuliah di Selandia Baru bisa jadi pilihan

Kuliah di Selandia Baru makin jadi pilihan studi ke luar negri. Lewat data Education New Zealand, di Tahun 2015, negara ini dipilih oleh 1000 pelajar Indonesia. Alasannya, kualitas pendidikannya termasuk yang terbaik di dunia, dan tentunya gaya hidup yang bertaraf internasional.

Kelar meneruskan studi di Selandia Baru, para siswa dari Indonesia bisa diakui secara internasional, baik dari sekolah menengah keatas, pelatihan perusahaan swasta, institutusi teknologi, politeknik ataupun universitas.

Negara kecil di bagian selatan Samudera Pasifik ini terkenal dengan sistem edukasi yang inovatif, dimana para pelajar diharapkan untuk berfikir kreatif dan kritis agar dapat mengembangkan keterampilan serta pengalaman yang dibutuhkan untuk menjadikan sebuah ide menjadi tindakan.

Salah satu mahasiswa asal Indonesia, Achmad Fadhiel, menempuh pendidikan sekolah menengah lalu melanjutkan kuliahnya di Victoria University of Wellington, Selandia Baru. sebelum kembali ke Indonesia dan mendapatkan jabatan di ABNAMRO, Citigroup, the World Bank dan Pupuk Indonesia Holding Company.

“Selandia Baru adalah kunci untuk sukses. Kami dapat pendidikan terbaik serta kehidupan sosial yang tiada duanya. Kami bisa bereksplorasi di pantai, taman dan gunung, bukan hanya di mall. Cara ini terjangkau, aman, unik dan penuh menyenangkan.

Ada berbagai program studi dengan kualitas terbaik yang di tawarkan di Selandia Baru, mulai dari manajemen dan perdagangan, TI, teknik, hingga seni kreatif, dan beberapa program khusus lainnya.Tahun ini, tahun ajaran baru di Selandia Baru akan di mulai bulan Januari depan; namun, tergantung pada institusi dan program nya itu sendiri, ada beberapa pilihan untuk mengawali perkuliahan di tahun ini.

Jika kamu ingin memulai pendidikan di 2017 atau masih merencanakan untuk tahun 2018, ini adalah awal yang baik untuk memikirkan apa yang kamu perlu siapkan sebelum melanjutkan studi di Selandia Baru. Simak nih 5 langkah mudah untuk mulai merencakan pendidikan di Selandia Baru:

  1. Pilih Program Sesuai Minat
Selandia Baru menawarkan banyak pilihan dari berbagai bidang untuk para siswa, dari teknologi sampai bisnis, dan berbagai macam pilihan lainnya. Selandia Baru juga menawarkan berbagai macam jurusan yang unik seperti robotika atau manajemen pariwisata. Secara total, Selandia Baru memiliki delapan universitas,18 Institut Teknologi dan Politeknik (ITPS) dan sekitar 550 Private Training Establishments (PTEs) yang meliputi sekolah berbasis Bahasa Inggris.

Sekolah-sekolah di Selandia Baru mempunyai reputasi yang sangat baik. Di mana Selandia Baru adalah satu-satunya negara yang semua universitasnya berada di tingkat 3 persen teratas di dunia. Dan di tahun 2016/17 World Economic Forum Global Competitiveness Report, menilai dari segi daya saing dengan 138 negara lainnya, Selandia Baru dikatagorikan baik untuk beberapa katagori pendidikan, termasuk sembilan untuk kualitas pendidikan dasar, dan juga sistem pendidikannya (Higher Education & Training), peringkat ke-14 untuk pelajaran matematika dan sains (Higher Education & Training), peringkat ke-18 untuk kualitas institusi penelitian sains dan peringkat 19 untuk kolaborasi antar universitas dan industri.

Kunjungi https://www.studyinnewzealand.govt.nz/ untuk survey dulu kecil-kecilan. Jangan ragu untuk langsung berbicara dengan agen lokal Education New Zealand. Mereka akan membuat perjalanan kamu ke Selandia Baru menjadi lebih mudah untuk mendapatkan segala informasi mengenai pendidikan, kehidupan hingga pekerjaan di Selandia Baru. Kunjungi https://www.studyinnewzealand.govt.nz/how-to-apply/find-agents untuk mencari agen di sekitar kamu.

Carilah lokasi dan program studi yang cocok denganmu – program studi yang akan membantu kamu untuk memenuhi tujuan dan minat. Kemudian, carilah institusi yang menawarkan program tersebut. Di manapun tempatnya di Selandia Baru, kamu akan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan.

  1. Persiapkan Dokumen Pendaftaran
Ini waktunya melakukan aplikasi pendaftaran. Pertama, pastikan jadwal perkuliahan dan jadwal pendaftaran terakhir untuk program yang kamu minati. Proses pendaftaran dapat di lakukan secara online, namun berkemungkinan ada dokumen yang harus dikirimkan dalam bentuk fisik– seperti fotokopi sertifikat akademis atau transkrip nilai, resume terakhir, dan untuk beberapa institusi membutuhkan bukti bahwa kamu memenuhi standar bahasa yang ditentukan. Di Selandia Baru, nilai minimum IELTS yang dibutuhkan adalah 6.0 untuk tahun pertama. Alternatif lainnya adalah dengan nilai TOEFL (Princeton Test of English as a Foreign Language) sebesar 550 dan nilai TWE (Test of Written English) sebesar 4 (test tertulis) atau 213, nilai Essai sebesar 4.0 (tes berbasis komputer).

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest