Follow Us

Begini Panduan Memilih Calon Pemimpin Buat Remaja dari Ridwan Kamil, Simak Yuk!

Alvin Bahar - Selasa, 07 Februari 2017 | 04:30
Ridwan Kamil
Alvin Bahar

Ridwan Kamil

Wali Kota Bandung ini yakin kalau menggunakan hak pilih itu wajib banget sebagai perjuangan untuk mewujudkan keinginan kita. Dan yang pasti, agar hidup kita nggak diatur oleh orang yang nggak paham apa yang kita inginkan. Termasuk memilih dalam Pilkada 2017 ini, guys. Nah, buat kita yang baru pertama kali dapat hak pilih atau mungkin masih bingung mau memilih siapa, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, berbagi nih sama kita panduan memilih calon pemimpin buat remaja. Simak yuk!

Kenapa, sih, anak muda Indonesia, khususnya remaja harus menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu?

Sebenarnya politik itu adalah cara untuk memperjuangkan apa yang kita mau. Jadi kalau anak-anak muda ini punya keinginan tertentu dan nggak terwujudkan, berarti harus berpolitik untuk bisa mewujudkannya. Dalam bentuk OSIS atau organisasi apa pun. Karena nggak semua orang bisa bicara maka harus diwakilkan. Jadi, politik itu kuncinya menyampaikan apa yang kita mau dengan cara diwakilkan pada orang yang kita percaya (melalui pemilu). Kalau suara kita nggak digunakan sebagaimana mestinya, nanti jangan menyalahkan kalau orang yang salah mengatur hidup kita.

Jadi kalau remaja pengen hidupnya lebih keren dan lebih seru, pilih orang-orang yang suatu hari nanti kita percaya akan bisa mengatur hidup kita untuk jadi lebih baik, bukan jadi lebih buruk. Makanya jangan salah pilih. Itu sebenarnya. Jangan salah memilih orang yang nggak mengerti apa yang kita mau.

Kalau begitu, apa kuncinya agar remaja sekarang nggak salah pilih atau bisa memilih orang yang paham apa keinginan kita?

Kuncinya yang pertama, Google aja. Cari tahu tentang mereka, lihat janji-janjinya. Kalau terlalu muluk-muluk, jangan dipilih. Tapi kalau masuk ke logika kita, bisa kita wujudkan dengan cepat, dengan cara-cara yang masuk akal, berarti dia punya peluang. Tapi kalau terlalu jauh dan nggak masuk ke logika kita, ya nggak usah.

Kedua, lihat latar belakangnya. Apakah dia pernah korupsi atau punya masalah? Semakin track record-nya bersih, semakin baik. Minimal bersih ya, kalau pun nggak berprestasi. Tapi kalau dia bersih dan berprestasi, itu bisa jadi pilihan.

Bagaimana cara membedakan pemimpin yang sekadar pencitraan saat kampanye atau benar-benar tulus?

Makanya kita sebagai pemilih harus lebih pintar daripada pencitraan yang dilakukan oleh calon-calon yang akan dipilih. Caranya bagaimana? Ya, kita harus meluangkan waktu untuk mengecek. Dia benar pintar atau nggak? Punya kapabilitas atau nggak? Dan sebagainya. nggak bisa kalau tanpa riset.

Untuk mau melakukan riset seperti tersebut, tentu harus ada kemauan dari diri sendiri. Tapi banyak anak muda atau remaja sekarang yang malas bahkan alergi sama hal berbau politik. Bagaimana cara mengatasinya?

Itu karena beritanya buruk-buruk. Makanya, jangan salah pilih. Belajar dari sejarah, bagaimana hebatnya orang-orang hebat mengubah dunia. Gunakan internet dan buku-buku sejarah untuk mencari informasi. Kuncinya adalah jangan salah memilih orang yang akan mengatur hidup kita. Kedua, kalau nggak nyoblos, nanti suaranya dikerjai orang. Dikasih ke orang yang tidak bertanggung jawab. Nanti hasilnya juga jadi nggak seperti yang kita harapkan.

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest