Follow Us

Jakarta Biennale 2017 Bakal Hadir Mulai November Nanti, Ini 3 Bocoran Yang Bisa Kita Kulik

- Jumat, 03 Februari 2017 | 06:30
Jakarta Biennale 2017 Bakal Hadir Mulai November Nanti, Ini 3 Bocoran Yang Bisa Kita Kulik
Hai Online

Jakarta Biennale 2017 Bakal Hadir Mulai November Nanti, Ini 3 Bocoran Yang Bisa Kita Kulik

Kabar gembira buat para pecinta pameran seni rupa, ajang dua tahunan Jakarta Biennale (JB) bakal kembali digelar mulai 4 November sampai 11 Desember 2017 mendatang.

Sebelumnya, ajang ini terakhir digelar di tahun 2015, berlokasi di Gudang Sarinah Ekosistem selama kurang lebih dua bulan. Dalam gelaran Road To Jakarta Biennale bahkan, HAI sempat berkolaborasi bareng JB untuk buka booth di HAIDay 2015. Pernah mampir?

Nah, menyambut JB 2017 ini, udah ada beberapa bocoran yang disampaikan oleh pihak penyelenggara, termasuk nama-nama yang akan terlibat di balik layar, mulai dari Direktur Artistik sampai tim kurator.

So, sebelum kita disuguhkan event akbar ini pada November-Desember mendatang, ini 3 bocoran yang bisa kita kulik sekarang.

Direktur Artistik = Melati Suryodarmo

Yap! Melati Suryodarmo dipilih oleh Jakarta Biennale Foundation buat menjadi Direktur Artistik di gelaran JB ini. Pemilihan ini bukan tanpa alasan. Selama berkarya sebagai seorang performance artist, Melati jelas punya segudang pengalaman mumpuni di kancah seni baik lokal maupun global. Dengan keterlibatannya di sini, JB diharapkan tetap hadir sebagai event yang berbeda, segar, dan relevan.

Selain Direktur Artistik, telah terpilih pula empat kurator yang akan menggawangi proses kuratorial sepanjang persiapan JB 2017. Keempat kurator tersebut adalah Annisa Gultom (Jakarta), Hendro Wyanto (Jakarta), Philippe Pirotte (Frankfurt), dan Vit Havrànek (Praha). Keempat kurator ini juga memiliki reputasi yang meyakinkan di dalam dunia senirupa.

Tema = Jiwa

Di tahun ini, JB bakal mengusung tema yang lumayan berat, yakni Jiwa, sebagai landasan pertukaran pemikiran tentang berbagai isu dan pertanyaan atas seni dan budaya kontemporer.

Jiwa di sini dimaknai sebagai daya hidup, energi, semangat, yang merupakan dorongan hakiki pada individu, kolektivitas, masyarakat, benda-benda, dan alam. Dengan makna tersebut, JB 2017 berencana untuk mengamati berbagai ragam hubungan, menggugah sensibilitas rasa, dan berusaha memperkaya pengetahuan intelektual penikmatnya.

Lokasi JB 2017

Sejauh ini, JB 2017 udah mengonfirmasi beberapa lokasi yang bakal ditunjuk sebagai bagian dari perjalanan JB 2017. Selain Gudang Sarinah Ekosistem, beberapa museum di Jakarta bakal ditunjuk juga, di antaranya: Museum Sejarah Jakarta, Museum Tekstil, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Taman Prasasti, dan Museum Wayang.

Bukan cuma pameran seni pas hari H, JB 2017 juga bakal menggelar serangkaian acara pendukung seperti penerbitan buku, dan berbagai pelatihan dan diskusi umum.

Jadi, buat kamu yang punya minat besar akan seni rupa, pantengin terus info-info terkait JB 2017 ya!

Editor : Hai Online

Latest