Follow Us

Survei Membuktikan, Pelajar SMA Paling Sering Belanja Outfit

Rizki Ramadan - Rabu, 16 November 2016 | 09:45
Anak SMA suka belanja pakaian
Rizki Ramadan

Anak SMA suka belanja pakaian

Sebagai anak sekolahan, kita emang butuh uang untuk kebutuhan sehari-hari di sekolah. Utamanya sih untuk ongkos pulang-pergi, dan makan di kantin sekolah. Karena itu orangtua pun udah nyiapin uang jajan dengan jumlah tertentu.

Nah, nyatanya. Jumlah uang jajan yang diberikan orangtua itu, seringnya berlebih. Nggak habis untuk beli makan di kantin dan ongkos sekolah aja. Selalu ada sisa. Apalagi bagi murid yang hampir tiap hari bawa bekal makanan dari rumah. Kayak Dzabi nih contohnya. Siswa SMAN 55 Jakarta ini dapet uang jajan Rp 750.000 per bulan. Tapi saat ke sekolah tiap hari, uang itu nyaris nggak pernah ia pake.

“Gue di sekolah nggak pernah jajan. Sumpah. Uang bulanan nggak gue pake di sekolah. Gue selalu bawa bekal dari rumah untuk dimakan di sekolah,” kata cowok berkacamata itu.

Menurut survei yang HAI lakukan ke 253 siswa SMA di berbagai kota pun benar tuh, uang yang dikasih ortu pasti nyisa. Dari 253 responden, sejumlah 113-nya menjawab bahwa uangnya dipakai untuk belanja.

Menariknya, ternyata anak-anak muda sekarang ini sangat memerhatikan penampilan. Faktanya, Dari 253 responden tadi, ada 112 yang paling sering belanja pakaian.

Dzabi pun ngaku kalau dirinya yang hobi musik juga sering belanja kaos band kesukaannya. Nggak beda kayak Dio, temen kita dari SMAN 100 Jakarta.

“Selain untuk jajan hal-hal yang berupa digital, kayak langganan Netflix atau Spotify, uang gue suka dibeliin kaos. Kaos apa aja deh untuk ganti-ganti pas lagi jalan-jalan,” kata Dio yang dalam sebulan dapat jatah uang jajan Rp 20 ribu.

Adzkia, siswi SMAN 26 Jakarta juga cerita kalau dia suka banget beli pakaian. Bahkan, seringnya nggak terencana. Tiba-tiba beli.

“Pertama-tama, gara-gara iseng liat web atau onlineshop di Instagram, terus jadi beli. Hehe. Kalau ke mall juga. Pertamanya iseng liat-liat aja, tapi akhirnya beli,” papar Adzkia yang suka bertukar pakaian dengan kakak ceweknya.

Selaian pakaian, dari survei yang memersilakan responden memilih lebih dari satu jawaban tersebut ketahuan bahwa barang yang paling sering jadi sasaran belanjaan pelajar SMA adalah buku, dipilih 83 responden; sepatu, dipilih 67 responden; gadget, dipilih 43; mainan dengan 26 pemilih; CD musik, dipilih 18 responden; dan make up, dipilih 14 responden.

Kalau kamu gimana, bro. Lebih suka belanja apa nih?

Editor : Rizki Ramadan

Latest