Follow Us

There’s A Will, There’s A Way, 10 Cara Ini Bikin Mahasiswa Bisa Berangkat ke Luar Negeri!

- Selasa, 29 November 2016 | 05:00
solo backpacker
Hai Online

solo backpacker

Karena ke luar negeri adalah hak segala bangsa, termasuk bangsa mahasiswa. Maka pegang teguh peribahasa, di mana ada kemauan di situ ada jalan!

Ada banyak tujuan kenapa orang-orang mau berkeras untuk berangkat ke luar negeri. Mulai dari cita-cita sampai tujuan ingin menyapa warga dunia, atau yang paling receh dan cuma demi kekinian adalah untuk mengganti display picture di media sosial.

Saran HAI, carilah alasan yang membanggakan!

Tapi nggak udah dipikirin dulu itu apaan, intinya nggak masalah kalo sekarang punya maksud dan tujuannya yang beda-beda, yang jelas dibalik motif mau berangkat ke luar negeri itu, kamu yang kini berstatus mahasiswa bisa berangkat dengan cara-cara yang benar. Tidak pake menyuap apalagi lewat jalur belakang.

Untuk itu, pegang peribahasa ”There’s a will, there’s a way” insyaallah_kata Mahaer Zain bakal selalu ada jalannya. Yuk diikutin 10 Cara yang Bikin Mahasiswa Bisa Berangkat ke Luar Angkasa, Eyy Luar Negeri Maksudnya.

1. Ambil program pertukaran pelajar di tahun ketiga

Inget, tahun ketiga, kalo pun mau coba-coba untuk mengikuti program exchange atau pertukaran pelajar yang niat menjadi perwakilan Indonesia di luar negeri, kamu bisa mencobanya di tahun kdua sebagai bahan riset sebelum memastikan diri kamulah yang berangkat.

Ada banyak lembaga internasional yang menawarkan kesempatan untuk ikutan program pertukaran pelajar, dari yang bayar sampai yang gratis, plus dapet beasiswa. Sering-sering kunjungi international office di kampus kamu untuk mendapatkan update informasinya atau bisa juga ikuti milisnya. Tanyakan juga ke teman-teman, mahasiswa mana di kampus kamu yang pernah ikutan program tersebut, curi ilmunya.

Nah, jauh-jauh hari kamu bisa menyiapkan diri kamu dengan cara mengapdet pengamalan dan CV kamu, belajar bikin motivation letter, minta surat rekomendasi, rapihin transkrip nilai, dan yang penting adalah tingaktin terus skor TOEFL kamu. Syarat-syarat itu yang umumnya diminta. Walaupun agak ribet, namun di situlah nilai perjuangannya sebelum kamu menikmati indahnya negara yang akan kamu singgahi.

Biar niat ke luar negeri semakin kuat, mulailah melangkah ke kantor imigrasi terdekat dan bikin passport pertama kamu! Targetkan, sebelum masa berlaku pasport habis, sudah ada stempel imigrasi di sana.

Editor : Hai Online

Latest