Follow Us

Bangga, Pebalap Ini Ngenalin Keindahan Maluku Kepada Dunia Lewat Ajang Balap

Alvin Bahar - Selasa, 15 November 2016 | 05:00
David Sitanala
Alvin Bahar

David Sitanala

Pebalap Indonesia kembali ngelebarin sayapnya ke kancah internasional. David Sitanala, cowok yang usianya masih 17 tahun ini, akan segera berlaga dalam kompetisi balap Formula 4 di China pada 2017 medatang.

Mungkin namanya kurang familiar, tapi bakat doi dalam dunia balap, jelas nggak perlu diraguin lagi. Memulai karier lewat ajang Gokart pada 2009 lalu, doi udah ngeraih banyak prestasi mentereng, seperti, ngejuarain kelas junior di Indonesia Rotax Max Challenge 2014, menangin The Best National Junior Max Kart Driver IMI Award 2014, serta jadi The Best Internasional Junior Max Kart Driver 2014 versi IMI dan FIA.

Nah, segala raihan gelar doi ini, yang ngebuat Pemerintah Daerah Maluku jadi nggak ragu buat ngebiayain semua kebutuhan David buat berlaga di ajang Formula 4 tahun depan. Ya, David merupakan putra asli Maluku. Doi ini lahir di Ambon, tapi kerusuhan warga Maluku pada masa silam, yang ngebuat David kecil harus segera pindah ke Jakarta.

Meski harus berpisah dari tanah kelahirannya, David justru nemuin kecintaan pada dunia balap saat tumbuh gede di Jakarta. Awalnya sih cuma sering iseng-iseng main Gokart bersama temen-temennya, tapi takdir akhirnya pertemuin David dengan salah satu bos besar dari sebuah tim profesional Gokart.

"Waktu itu saya lagi main gokart sama ayah. Pas mau pulang, ayah nggak sengaja ketemu sama bos tim gokart gitu, terus dia langsung ngajak saya buat ikut kompetisi gokart," ujar David.

Begitulah awal cerita perjalanan karier David, sampe akhirnya doi bisa kepilih untuk ngikutin ajang Formula 4. Nah, ajang balap ini kan cakupannya internasional dan akan digelar di negri bambu, China. Oleh karena itu, David juga punya misi khusus tersendiri. David bakalan usaha banget buat ngenalin keindahan Maluku ke masyarakat luar negeri.

"Rencananya kita juga akan buka stand gitu. Nanti orang-orang di sana bisa dateng dan tanya-tanya soal keindahan Maluku," ujar David.

Wih, keren banget ya David, doi bisa ikut ajang balap internasional sekaligus ngenalin keindahan pariwisata Indonesia. Semoga doi bisa terus sukses deh, biar nama merah putih tetep jadi harum mata dunia ya!

Editor : Alvin Bahar

Latest