Follow Us

Sebelum Lulus, TOEFL Dulu Biar Masa Depan Lo Mulus!

- Senin, 31 Oktober 2016 | 03:30
Serius banget ikut tes Bahasa Inggris
Hai Online

Serius banget ikut tes Bahasa Inggris

Dulu, tes bahasa Inggris ini minimal hanya ada di tempat kursus bahasa Inggris. Sekarang, karena kebutuhan zaman, udah jadi syarat kelulusan calon Sarjana.

TOEFL adalah kepanjangan dari Test of English as a Foreign Language, Tes ini adalah uji kemampuan dalam berbahasa Inggris Biasanya di tes ini dilakukan selama 3 jam dan terdiri dari empat bagian mulai dari Listening comprehension, Grammar structure and Written Expression, Reading comprehension dan Writing.

Secara umum, tes TOEFL lebih berorientasi kepada American English, dan sedikit berbeda dengan jenis tes IELTS yang berorientasi kepada British English. Tidak seperti tes IELTS, tes TOEFL ini pada umumnya tidak punya bagian individual interview test.

Selain itu TOEFL, pada dewasa ini sudah mulai digunakan dalam dunia kerja sebagai salah satu mekanisme rekruitment atau jenjang kenaikan pangkat Di Universitas Padjadjaran, atau yang disingkat UNPAD di Bandung, beberapa jurusannya mewajibkan mereka untuk mengikuti TOEFL untuk syarat kelulusan, salah satunya Fakultas Jurnalistik.

Ibu Nuryah Asri Sjarifah yang menjabat sebagai Ketua Program Studi Jurnalistik pun menyatakan demikian bahwa di lingkup jurnalistik, tes TOEFL diterapkan sebagai syarat kelulusan.

“Setau saya tidak semua program studi di Fikom mensyaratkan TOEFL sebagai syarat kelulusan. Syarat ini diterapkan karena lulusan jurnalistik harus memiliki kompetensi di bidang bahasa termasuk Bahasa Inggris. Kebijakan ini diterapkan sejak tahun 2002,” ujar Ibu Nuryah.

Editor : Hai Online

Latest