Follow Us

Ini Nih 4 Sosok Pemuda Inspiratif yang Peduli Lingkungan, Ada yang Mendunia lho!

Dimas Yulian - Jumat, 28 Oktober 2016 | 02:30
Pandu Dharma Wicaksono
Dimas Yulian

Pandu Dharma Wicaksono

Tepat pada tanggal 28 Oktober nanti kita akan memperingati Hari Sumpah Pemuda. Momen sumpah pemuda adalah cikal bakal bersatunya para pemuda dari berbagai daerah di nusantara untuk berjuang memerdekakan diri dari belenggu penjajahan. Peristiwa yang diperingati ketika para pemuda dari berbagai daerah di tanah air berkumpul dan berikrar tentang tanah air, bangsa, dan bahasa yang satu, Indonesia.

Sebagai calon pemuda harapan bangsa, kamu juga harus terus menjaga semangat yang dibawa oleh para pemuda pendahulu kita. Banyak hal yang bisa kamu lakuin buat terus menjaga semangat sumpah pemuda tetap menyala. Kalo dahulu para pemuda bersatu dan berjuang bersama buat mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Saat ini kamu masih bisa meneruskan semangat para pemuda terdahulu dengan turut berkontribusi membangun negeri.

Meneruskan semangat dan cita-cita pemuda pendahulu kita dapat kamu wujudkan dalam berbagai hal. Ikrar sumpah pemuda harus dimaknai sebagai hal yang dapat memacu semangat kita buat lebih mencintai tanah air. Salah satu hal konkrit yang bisa kamu tunjukkan adalah dengan mulai mencintai alam negeri ini. Indonesia membutuhkan banyak pemuda yang harus mulai sadar dengan lingkungan dan alam yang dimiliki bangsa ini.

Keindahan alam Indonesia adalah salah satu kekayaan dan anugerah dari Tuhan yang diberikan untuk kita. Sebagai generasi muda, udah seharusnya kamu mulai ikut berpartisipasi secara nyata dalam menjaga alam dan lingkungan Indonesia. Bertepatan dengan momen sumpah pemuda, kita harus mulai aktif mengkampanyekan pelestarian lingkungan. Agar kamu lebih termotivasi, ini dia 4 sosok pemuda inspiratif peduli lingkungan.

Pandu Dharma Wicaksono

Pandu Dharma Wicaksono

Pemuda kelahiran Balikpapan, 22 Agustus 1996 ini juga termasuk salah satu sosok yang sangat inspiratif di bidang lingkungan. Di usianya yang masih muda, Pandu Dharma Wicaksono pernah menjadi satu dari delapan tokoh inspiratif dalam event Indonesia Green Award (IGA) tahun 2015. Nama Pandu sejajar dengan tokoh-tokoh besar lainnya seperti Wakil Presiden Direktur PT. Toyota Astra, Suparno Djasmin hingga Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo. Penghargaan tersebut diterimanya langsung dari Saleh Husin, Menteri Perindustrian saat itu.

Alumni SMA Negeri 1 Balikpapan yang sekarang berstatus sebagai Mahasiswa Ilmu Komunikasi UGM ini dianggap menjadi tokoh yang menginspirasi penguatan komunitas buat menjaga dan melestarikan lingkungan. Pandu saat ini aktif sebagai Presiden Green Generation Indonesia, komunitas yang mengkampanyekan perilaku menghargai dan melestarikan lingkungan hidup. Komunitas Green Generation digagas Pandu ketika ia masih berseragam SMP bersama dengan sejumlah siswa SMP dan SMA di Balikpapan.

Berkat usaha dan kepedulian Pandu, komunitas Green Generation saaat ini telah merambah ke sejumlah kota besar di Indonesia. Seperti Medan, Palembang, Bandar Lampung, Serang, Jakarta, Bogor, Garut, Yogyakarta dan berbagai kota di Indonesia.

Tahun lalu, Pandu juga dipercaya menjadi Dewan Nasional perubahan iklim Republik Indonesia sebagai Ketua Regional Kalimantan Sulawesi Bali dan Nusa Tenggara dalam Youth For Climate Change Indonesia. Pandu juga pernah terpilih sebagai Tunas Muda Pemimpin Indonesia dari Wakil Presiden Indonesia pada Tahun 2014. Nggak hanya itu, Pandu juga aktif mengembangkan kegiatan perlindungan anak di Forum Anak Balikpapan. Bahkan di tahun 2011 dia pernah terpilih menjadi Duta Anak dan mewakili Indonesia dalam Child Friendly City Asia Pacific.

Editor : Hai Online

Latest