Follow Us

Wow, Wonder Woman Ditunjuk Jadi Duta Kehormatan PBB

Dimas Yulian - Senin, 24 Oktober 2016 | 08:00
Wonder Woman
Dimas Yulian

Wonder Woman

Ada kabar baik buat kamu penggemar superhero DC, Wonder Woman. Nggak cuma jago di dunia komik, eksistensi superhero asal Amazon ini juga bakalan merambah dunia nyata.Secara khusus, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) memberikan gelar Honorary Ambassador for the Empowerment of Woman and Girls atau duta kehormatan untuk pemberdayaan perempuan kepada superhero cewek tangguh ini.

Pemberian gelar ini juga berdepatan sama perayaan ulang tahun ke-75 dari tokoh komik yang punya nama asli dari Diana Prince ini, Jum’at (21/10), seperti dikutip dari Kompas.com. PBB bahkan mengundang dua aktris yang pernah memerankan Wonder Woman dalam film. Yaitu Lynda Carter yang pernah jadi Wonder Woman di serial televisi, dan tentu saja Wonder Woman versi layar lebar, Gal Gadot.

Wonder Woman bakalan dijadiin media kampanye pemberdayaan perempuan sama PBB. Ketika ngasih sambutan dalam acara tersebut, Lynda Carter bilang kalo Wonder Woman adalah sosok yang mencerminkan kekuatan perempuan.

Karakter Wonder Woman sendiri diciptakan oleh pasangan suami istri, William Moulton Marston dan Elizabeth Holloway Marston bersama seniman komik HG Peter. Dia pertama kali muncul dalam All Star Comics edisi 8 yang dirilis DC Comics pada bulan Desember 1941.

Wonder Woman sendiri digambarkan sebagai prajurit perempuan tangguh yang memiliki kekuatan dahsyat. Dalam komiknya, bersama dengan Batman dan Superman, dia adalah salah satu pendiri kelompok superhero, Justice League.

Akan tetapi pemilihan Wonder Woman sebagai duta PBB juga sempet dapet protes dari kalangan staf PBB sendiri. Mereka yang protes sama pemilihan Wonder Woman ini membawa poster bertuliskan “Real Women Deserve a Real Ambassador.” Atau punya arti yang kurang lebih “Perempuan Ssejati berhak mendapatkan duta yang sebenernya.”

Para staf yang protes tersebut berdiri memunggungi acara yang berlangsung sambil mengangkat tangan. Nggak berhenti sampe disitu, mereka juga membuat petisi online yang mendesak Sekjen PBB buat mempertimbangkan kembali pemilihan Wonder Woman.

“Pesan yang disampaikan PBB kepada dunia dengan penunjukan (Wonder Woman) sangat mengecewakan,” tulis petisi tersebut. Hingga Jum’at sore, udah terkumpul lebih dari 1.100 orang yang tanda tangan.

Sebenernya ini bukan pertama kali PBB milih tokoh fiksi buat jadi duta kehormatan. Sebelumnya, pada tahun 1998, Winnie The Pooh pernah dipilih sebagai Duta Persahabatan. Sedangkan karakter Tinker Bell pernah ditunjuk jadi duta Hijau pada tahun 2009 lalu.

Terlepas dari semua kontroversinya, selamat berjuang dengan tugas barunya ya Wonder Woman!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular